1. HOME
  2. NEWS
NEWS

Lukisan Virgin Mary Ini Dihargai Rp348 Miliar

Lukisan itu diperkirakan dibuat antara tahun 1505-1510.

By Azalia Amadea 21 November 2016 11:38
Lukisan virgin mary (cnn.com)

Money.id - Saat melakukan penelitian untuk episode dari serial BBC 'Britain's Lost Masterpieces' di Haddo House milik National Trust for Scotland di Aberdeenshire, sejarawan sekaligus seniman Bendor Grosvenor dan tim ahlinya menemukan lukisan yang kemungkinan dilukis oleh Raphael.

Lukisan yang diberi nama Virgin Mary itu dulunya dibeli hanya seharga US$25 (sekitar Rp300 ribu) pada 1899 karena dikira karya dari pelukis tidak terkenal. Namun ternyata, lukisan tersebut adalah asli karya Raphael dan sekarang nilainya bisa mencapai US$26 juta (sekitar Rp348 miliar).

Melansir laman CNN, Senin 21 November 2016, lukisan itu diperkirakan dibuat antara sekitar 1505-1510 dan sebelumnya dikira hasil karya pelukis Italia Innocenzo da Imola.

Grosvenor menemukan lukisan itu dalam keadaan kurang terawat sehingga ia meminta izin Haddo House untuk membersihkan, melestarikan dan menelitinya secara profesional. Hasilnya, lukisan itu memiliki ciri yang mirip dengan gaya melukis Raphael dan karyanya.

"Bisa menemukan lukisan yang kemungkinan karya Raphael sama menariknya seperti ketika mendapatkan karya aslinya," kata Grosvenor. "Ini adalah lukisan yang indah yang layak untuk dilihat oleh orang banyak. Saya berharap 'Haddo Madonna' satu-satunya karya Raphael yang menjadi milik publik Skotlandia. Sehingga membawa banyak orang datang ke Aberdeenshire,” tambahnya.

Lukisan itu awalnya dibeli George Hamilton-Gordon, mantan Perdana Menteri Kerajaan Inggris dan Earl of Aberdeen IV pada awal abad ke-19. Hamilton-Gordon yakin itu adalah lukisan asli karya Raphael. Namun seiring berjalannya waktu, banyak yang meragukan bahwa itu adalah karya Raphael sebelum akhirnya diklaim sebagai karya Innocenzo da Imola. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section