1. HOME
    2. INSPIRATORY
TOKOH INSPIRATIF

Menguak Kisah Sukses Almarhum Bob Sadino

Bob adalah orang pertama yang menggunakan perladangan sayur sistem hidroponik Indonesia.

By Rizki Astuti 26 April 2016 17:25
Bob Sadino (Feed.id)

Money.id - Sebagai seorang pebisnis sukses, nama Bob Sadino sudah tak asing lagi di Indonesia. Tidak hanya kalangan pengusaha, tapi juga di kelompok anak muda yang terinspirasi kisah suksesnya.

Menjadi sukses, bukan sesuatu yang instan didapatkannya. Melainkan harus bekerja keras hingga hidup susah.

Dikutip dari berbagai laman, pria yang lahir pada 3 Maret 1933 itu terbiasa bekerja keras sejak berusia 19 tahun, apalagi setelah ayahnya meninggal dunia.

Pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick ini memang lahir dari keluarga yang berkecukupan. Hingga saat ayahnya meninggal, Bob mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya, dibanding ke empat kakaknya yang hidup jauh lebih mapan.

Bob Sadino
© 2016 money.id/Kapanlagi

Bob Bahkan menghabiskan sebagian hartanya untuk keliling dunia. Dalam perjalannya tersebut, dia sempat singgah dan menetap di Belanda selama kurang lebih sembilan tahun. Di sana dia bekerja sebagai karyawan agen pelayaran PT Djakarta Lloyd hingga pegawai perusahaan barang konsumsi PT Uniliver.

Ketika tinggal di sana, Bob menikahi wanita bernama Soelami Soejoed. Kemudian pada 1967, Bob dan keluarga memutuskan untuk kembali ke Indonesia dengan membawa dua mobil Mercedes-Benz.

Kemudian salah satu mobil tersebut dijual oleh Bob untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan, dan yang lain disewakan sebagai taksi gelap.

Namun nahas, pria yang sering mengenakan celana pendek itu mengalami kecelakaan yang membuat mobilnya rusak parah. Akhirnya Bob terpaksa berganti pekerjaan sebagai kuli bangunan.

Next : Bob Sadino Meninggal Dunia

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section