1. HOME
  2. FOODILICIOUS
LOGO

Sejarah Dua Logo Berbeda Ayam Goreng Suharti

Sebenarnya siapa di balik logo ayam goreng Suharti dan Ny Suharti?

By Putri Nabilla 3 November 2015 13:06
Logo ayam goreng Suharti versi sang istri (bandungtraveler.com)

Money.id - Hidangan ayam kremes lezat dengan ciri khas bumbu rempah yang kuat di lidah dengan sajian sambalnya, tak dapat dipungkiri adalah yang terkenal pada rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti.

Berdiri sejak lebih dari 30 tahun lalu, rumah makan asal Kota Yogyakarta ini tak pernah sepi pengunjung. Namun jika kita telisik pada logo, ada dua versi jenis logo rumah makan dengan nama Suharti.

Perbedaan terletak pada logo bertuliskan “Ayam Goreng Suharti” dengan logo foto perempuan ayu berpakaian adat Jawa di dalam lingkaran, satu lagi tulisan “Ayam Goreng Ny. Suharti” dengan logo dua ekor ayam jantan dan betina yang saling berhadapan dengan huruf “S” ditengah-tengahnya.

Seperti yang dikutip dari majalah Tempo, usaha ini memang dikelola oleh dua orang, yakni istrinya Suharti dan suaminya Sachlan. Dimana keduanya sependapat untuk menggunakan nama “Ayam Goreng Ny. Suharti” sebagai usaha rumah makan mereka.

Demi mengembangkan bisnisnya, pada tahun 1984 suami istri ini sepakat untuk menghadirkan rumah makan mereka di beberapa Kota besar, seperti di Jakarta, Bandung, Bali dan Medan yang semulanya hanya berlokasi di JL. Sucipto No.208, Kota Yogyakarta.

Perpecahan muncul lantaran perceraian mereka. Sang suami akhirnya menjadi pemilik resmi dan menguasai aset rumah makan yang semula mereka rintis bersama. Sachlan mengembangkan merek Ayam Goreng Ny. Suharti berlogo dua ekor ayam jantan dan betina saling berhadapan dengan huruf “S” di tengah-tengahnya.

Meskipun demikian, sang istri tak lantas menyerah. Pada tahun 1991, Suharti memberanikan diri untuk memulai usahanya dari nol. Masih sejalan dengan usaha rumah makan Ayam Goreng Suharti, yang menjadi pembeda besutan sang istri adalah tidak dipakainya ‘Ny’ dalam tulisan Ayam Goreng Suharti. Pada logonya, Suharti menggunakan wajahnya sebagai logo rumah makan barunya. (dwq)

(da/pn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section