1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ini Tips Agar Bisa Menjauhi Sifat Boros

Gaji Anda akan habis dengan cepat karena boros. Hal itu mengakibatkan kebutuhan lain yang lebih penting terbengkalai.

By Abdul Kharis 3 Maret 2016 12:34
Ilustrasi orang boros (rsvpmagazine.ie)

Money.id - Jika Anda termasuk orang yang boros, tentunya tidak memiliki pengaturan uang yang baik. Gaji akan habis dengan cepat karena boros, di mana hal itu mengakibatkan kebutuhan lain yang lebih penting terbengkalai.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi, Sari Insaniwati memberikan tips agar bisa menjauhi sifat boros kepada www.money.id, Kamis, 3 Maret 2016.

1. Buatlah anggaran bulanan

"Hal pertama yang Anda bisa coba membuat anggaran pengeluaran keluarga dan mencoba mematuhi anggaran tersebut," ucap Sari. Adanya anggaran pengeluaran akan membuat Anda teratur dan terorganisir dalam mengeluarkan uang.

2. Membatasi diri melakukan pengeluaran

"Berikutnya, batasilah diri dalam pengeluaran," tutur Sari. Sebagai contoh, kalau Anda rutin membeli sepatu baru setiap bulan, katakanlah Rp200.000. Lebih baik berpikir ulang soal kebutuhan akan sepatu tersebut sebelum membelinya.

Arti boros adalah kondisi di mana pengeluaran melebihi dari yang seharusnya, atau melebihi batas yang sudah Anda tetapkan sendiri.

Sari menyarankan, buatlah batasan diri dalam pengeluaran keuangan dan berusaha tidak melewati batas yang sudah Anda tetapkan.

3. Kendalikan membeli barang bagus atau diskon

Tangan gatal untuk mengeluarkan uang ketika ada barang bagus atau diskon. Banyak orang juga sering merasakan hal tersebut, dan hal itu manusiawi.

"Bedanya, ada orang yang bisa mengendalikannya, dan ada yang tidak. Kalau tidak bisa mengendalikannya, Anda akan terus-menerus membeli jika ada barang bagus atau diskon," ucap dia.

Menurut Sari, tidak ada seorang pun yang bisa mengatasinya kecuali diri Anda sendiri. Percuma saja memiliki anggaran kalau belum bisa mengendalikan pengeluaran.

Jadi, kendalikanlah. Dan juga, tidak peduli berapa pun diskonnya, kalau memang tidak membutuhkan barang tersebut, Anda tidak perlu membelinya.

4. Teraturlah dalam menabung

Sifat boros dapat dijauhi bila Anda teratur dalam menabung. "Buatlah batas jumlah uang tabungan Anda dan menabunglah secara teratur setiap bulannya," ujarnya. Hal ini akan membuat tabungan bertambah dan akan melatih Anda untuk terus menabung. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section