1. HOME
  2. FINANCE
ENERGI

Soal Blok Masela, ESDM Tunggu Instruksi Presiden

Saat ini presiden sedang mempertimbangkan banyak hal terutama hal yang lebih luas yang kaitannya dengan kemanfaatan bagi masyarakat Maluku.

By Rohimat Nurbaya 5 Februari 2016 11:20
Menteri ESDM, Sudirman Said (esdm.go.id)

Money.id - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan keputusan pembangunan fasilitas pengelolaan gas produksi Blok Masela, Maluku menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

Pengelolaan gas di Blok Masela sendiri masih menjadi bahan pertimbangan dilakukan di tengah laut (offshore) atau di darat (onshore). Pembahasan dilakukan melalui sidang kabinet terbatas.

"Semua argument, semua justifikasi pertimbangan, baik yang berpandangan berproduksi baik di darat maupun di laut sudah sama-sama mengungkapkan pandangannya secara terbuka kepada Bapak Presiden," kata Sudirman Said seperti dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM.

Sudirman menjelaskan, saat ini Presiden sedang mempertimbangkan banyak hal terutama hal yang lebih luas yang kaitannya dengan kemanfaatan bagi masyarakat Maluku.

"Presiden selalu berpesan yang paling penting bagi proyek Masela adalah karena ini adalah amanat undang-undang dasar bagaimana proyek ini memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat," terang dia.

Selain itu, Sudirman juga berpesan kepada seluruh masyarakat Maluku agar tenang dan dapat menciptakan iklim yang kondusif sehingga tidak membuat investor ragu untuk menanamkan investas.

Kata dia, proyek tersebut masih perlu persiapan delapan hingga sembilan tahun kedepan, paling cepat tiga tahun lagi baru ada keputusan final mengenai investasinya.

"Karena itu lebih baik kita menciptakan suasana kondusif supaya investor itu nyaman berada disini, karena untuk apa kita rebut-ribut kalau kalau akhirnya investor tidak jadi bekerja disini," imbuhnya.

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section