1. HOME
  2. FINANCE
LOWONGAN KERJA

Hati-hati Penipuan, Kenali 5 Ciri Lowongan Pekerjaan 'Aspal' Ini

Jika Anda mendapatkan panggilan interview, segera cari tahu perusahaan yang memberikan panggilan di mesin pencari.

By Dwifantya Aquina 7 Februari 2017 14:02
Saat menerima panggilan interview teliti lebih dulu agar tak terjebak penipuan (pexels.com)

Money.id - Mencari pekerjaan memang bukan hal yang mudah. Sehingga, mendapat panggilan wawancara dari sebuah perusahaan pasti senang bukan main rasanya.

Namun, saat ini banyak sekali penipuan bermodus penawaran lowongan kerja sebagai kedoknya. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan harus lebih hati-hati dan waspada. Berikut 5 ciri lowongan kerja palsu yang harus Anda ketahui seperti dikutip CekAja.com:

Diminta untuk bayar sejumlah uang

Jika Anda diminta untuk menghadiri interview dan ada kewajiban untuk membayar sejumlah uang dengan berbagai alasan, maka sebaiknya jangan lakukan hal tersebut. Banyak sekali kasus penipuan memeras uang calon pekerja dengan modus membuka lowongan pekerjaan.

Tidak ada situs resmi

Kalau ada sebuah perusahaan yang sudah berbentuk PT seharusnya memiliki sebuah situs resmi bukan situs gratisan. Jadi, apabila Anda mendapatkan panggilan kerja dari sebuah perusahaan berkelas PT namun setelah kamu cari tahu perusahaan tersebut tidak memiliki situs resmi, kredibilitasnya patut dipertanyakan.

Tidak kirim lamaran tapi dipanggil interview

Kalau tiba-tiba ada panggilan interview dari sebuah perusahaan yang tidak pernah Anda ketahui, dan Anda tidak pernah mengirim lamaran ke perusahaan tersebut, sebaiknya abaikan saja panggilan interview tersebut. Karena hampir dapat dipastikan bahwa itu merupakan salah satu modus penipuan berkedok lowongan kerja yang marak saat ini. (Baca juga: 7 Hal yang Harus Kamu Pelajari Sebelum Mengencani Wanita Karier)

Alamat email mencurigakan

Biasanya, lowongan kerja yang benar-benar terpercaya akan menyertakan alamat email kantor yang profesional bukan alamat email gratisan. Misalnya PT bintang satu membuka lowongan untuk posisi staff HR&GA, maka kamu akan diminta untuk kirim lamaran ke alamat yang menggunakan domain dari kantor seperti contohnya: hrd@bintangsatu.com bukan hrdbintangsatu@gmail.com. Kalau Anda diminta untuk kirim lamaran ke alamat email gratis, kamu perlu mencari tahu lebih lanjut terlebih dahulu.

Semuanya serba meragukan

Jika Anda mendapatkan panggilan interview, segera cari tahu perusahaan yang memberikan panggilan di mesin pencari. Kalau tidak bisa menemukan nama perusahaan, media sosial, nomor telepon kantor dan alamat lengkap yang jelas, maka Anda harus waspada. Jangan sampai nantinya justru Anda jadi korban penipuan!

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section