1. HOME
  2. INSPIRATORY
INSPIRATORY BISNIS

Keren, Pemuda Asal Aceh Ini Olah Garam Jadi Detergen

Usaha produk berbahan baku garam itu telah dirintis oleh Mustafa selama setahun sejak 2015.

By Abdul Kharis 31 Agustus 2016 12:47
Mustafa Kamal (Datsun.co.id)

Money.id - Pemuda berusia 25 tahun, Mustafa Kamal berhasil membuat sejumlah produk berbahan baku garam. Produk yang dihasilkan tersebut berupa detergen serta penyedap masakan berupa inovasi garam berperisa asam jawa dan jeruk nipis.

Mengutip dari harian.analisadaily.com, Rabu, 31 Agustus 2016, usaha produk berbahan baku garam itu telah dirintis oleh Mustafa selama setahun sejak 2015.

Pemuda ini berasal dari Desa Matang Karieng, Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Dia merintis usaha ini karena melihat peluang kerja di daerahnya sangat terbatas sehingga muncul pemikiran untuk membuka usaha sendiri.

Ide membuat detergen dan penyedap masakan dari garam tersebut tercetus karena harga jual garam petani menurun drastis sejak tsunami yang melanda pesisir Aceh 12 tahun silam.

Harga garam di Aceh Utara menurun disebabkan kadar garamnya menjadi rendah setelah diterpa tsunami pada 2014. Selain itu, masuknya garam impor juga mengakibatkan pendapatan petani lokal semakin menurun.

Dia melihat bahwa permintaan masyarakat Aceh terhadap sabun cair makin tinggi. Mustafa lalu menangkap peluang tersebut dengan menciptakan sabun cair yang berbahan baku garam.

Saat ini, produk detergen berbahan baku garam buatan Mustafa sedang menjalani proses legalitas di Dinas Kesehatan Aceh. Sedangkan, penyedap masakan yang dihasilkannya sedang mengikuti proses legalitas produk dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Dengan adanya produk ini, diharapkan harga jual garam petani semakin mahal. Petani juga tak perlu lagi menjual garam karena sudah diolah menjadi sejumlah produk sehingga diharapkan bisa menyejahterakan kehidupan mereka," ujarnya.

Produk olahan garam ini nantinya juga akan dipamerkan saat festival rakyat Datsun, sehingga lebih banyak orang dapat memanfaatkan produknya.

Dengan ide kreatifnya itu, Mustafa Kamal berhasil memenangkan Datsun Rising Challenge (DRC) ke-2 pada per­tengahan Februari 2016 lalu di Jakarta dan mendapatkan hadiah satu unit mobil serta modal usaha senilai Rp50 juta. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section