1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Catat 6 Waktu yang Paling Tepat untuk Renovasi Rumah

Waktu yang tepat merupakan pertimbangan yang tak kalah penting untuk dipikirkan sebelum memutuskan merenovasi rumah.

By Dwifantya Aquina 25 Januari 2017 08:13
Ilustrasi renovasi rumah (Pixabay)

Money.id - Memiliki rumah yang nyaman serta memiliki desain sesuai selera adalah impian setiap orang. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan waktu lama dan biaya yang tak sedikit.

Bila rumah yang Anda tempati sudah mengalami kerusakan di sana sini, itu tandanya Anda harus segera melakukan renovasi. Selain itu, waktu yang tepat merupakan pertimbangan yang tak kalah penting untuk dipikirkan sebelum memutuskan merenovasi rumah.

Anda mungkin tak mempertimbangkan faktor cuaca saat merenovasi rumah. Padahal, cuaca yang tepat akan sangat membantu Anda mengetahui kondisi rumah setelah renovasi. Nah, berikut ini pilihan waktu yang tepat untuk merenovasi rumah beserta penjelasan yang dikutip dari CekAja.com.

Setelah beli rumah baru atau bekas

Sebelum menempati rumah yang Anda beli di perumahan, Anda harus melakukan renovasi karena rata-rata pengembang menyediakan tanah kosong di bagian belakang yang bisa dibangun menjadi dapur. Atau, setelah Anda membeli sebuah rumah bekas, periksa dengan teliti semua sudut rumah dan lakukan renovasi jika diperlukan.

Sesuaikan dengan kantong

Intip dulu kondisi keuangan. Kalau Anda sanggup membiayai renovasi rumah, jangan ragu untuk melakukannya. Namun, kalau belum, pertimbangkan kembali dan menabunglah.

Dalam situasi tertentu, kondisi rumah sudah sangat parah dan mau tidak mau renovasi menjadi satu-satunya jalan. Anda dapat memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank untuk melakukan renovasi, tetapi ingat Anda harus yakin mampu membayar cicilannya.

Kondisi ekonomi negara juga perlu Anda perhatikan

Tak cuma kantong pribadi yang jadi bahan pertimbangan, Anda juga perlu menaruh perhatian pada kondisi ekonomi makro. Lho, apa kaitannya dengan renovasi rumah? Saat ekonomi stabil, harga bahan bangunan pun terbilang stabil.

Perhatikan pula musimnya

Anda bisa renovasi rumah saat musim kemarau yang disertai gerimis atau hujan, hasil bangunan akan berkualitas. Saat hujan, kamu bisa mengetes kondisi genteng apakah bocor atau tidak. Kalau Anda menyuruh tukang melakukan renovasi saat cuaca benar-benar panas, bangunan bisa retak-retak. Sedangkan kalau dilakukan pada musim hujan, hasilnya juga tidak terlalu bagus.

Saat pasir sedang berlimpah

Bagaimana cara mengetahui hal ini? Setelah ada gunung meletus biasanya persediaan pasir dengan kualitas baik akan melimpah dan murah.

Menjadikan rumah tempat usaha

Kalau Anda berniat mengubah fungsi rumah tak hanya untuk tempat tinggal, bolehlah keluarkan modal untuk mengubahnya menjadi tempat usaha. Lumayan kan untuk tambahan keuangan Anda. 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section