1. HOME
  2. FINANCE
INVESTASI

Pakai Trik Ini Biar Untung Investasi Emas

Emas memiliki harga yang stabil serta punya potensi besar mengalami kenaikan nilai dibanding jenis investasi lainnya.

By Dwifantya Aquina 30 Januari 2017 08:31
Ilustrasi investasi emas (huffingtonpost.com)

Money.id - Investasi emas saat ini tetap menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam menambah modalnya untuk masa depan. Selain emas, beberapa jenis investasi seperti saham, reksana dana, obligasi serta deposito merupakan pilihan yang paling banyak dilakukan masyarakat.

Salah satu alasan kenapa banyak masyarakat memilih investasi emas adalah karena memiliki harga yang stabil serta punya potensi besar mengalami kenaikan nilai dibanding jenis investasi lainnya. 

Atas dasar inilah pada akhirnya masyarakat yang memiliki pendapatan lebih berinvestasi pada emas. Jika kamu tertarik dengan iming-iming keuntungan berinvestasi emas, disarankan sebaiknya untuk menghindari beberapa kesalahan berikut yang dikutip dari CekAja.com.

Jangan beli perhiasan

Bila Anda berniat menjadikan emas sebagai instrumen investasi, maka jangan membeli emas dalam bentuk perhiasan. Alasannya, emas perhiasan kerap lebih mahal lantaran terdapat biaya pembuatan saat membeli emas tersebut. Namun, saat dijual kembali nilai emas perhiasan hanya dihitung berdasarkan berat. (Baca juga: Enam Fakta Kanker Prostat yang Harus Diwaspadai Pria )

Bila Anda benar-benar tertarik untuk berinvestasi emas, lebih disarabkan untuk membeli emas batangan dengan kadar kemurnian 99,99 persen. Anda bisa membelinya di PT Antam atau Pegadaian.

Membeli di waktu yang salah

Bila ingin menjadikan emas sebagai investasi, ketahui pula waktu membeli yang paling tepat. Disarankan untuk tidak membeli emas ketika harganya sudah cukup tinggi. Belilah emas ketika harganya cukup murah sehingga Anda berpotensi untung dari selisih kenaikan harga.

Oleh karenannya, kumpulkan informasi yang cukup sebelum memutuskan membeli emas. Anda bisa mencari tahu lewat surat kabar maupun melalui forum online.

Jangan beli emas tanpa fisik

Hindari penipuan dengan selalu membeli emas dalam bentuk fisik. Hindari membeli emas dalam bentuk surat dalam bentuk apapun. Sebab, saat ini banyak layanan pembelian emas secara online. Meski kita dijamin akan keberadaaan emas yang kita beli, fisik emas tetap penting. Alasannya, kondisi fisik sebuah logam mulia dapat mempengaruhi harga beli dan harga jualnya.

Menyimpan di tempat yang salah

Jangan pernah menyimpan emas di tempat yang salah. Selain bisa merusak bentuk fisiknya, emas yang disimpan di sembarang tempat berpotensi untuk hilang. Oleh karenannya, simpan emas beserta surat bergarganya di lemari penuimpanan khusus. Usahakan agar tempat penyimpanan ini tidak mudah diakses oleh banyak orang dan cukup tersembunyi dari penglihatan orang lain. (Baca juga: Lama Menganggur Karena Tidak Kunjung Dapat Kerja? Ini Penyebabnya)

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section