1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ternyata Wanita Lebih Pintar Berinvestasi daripada Pria

Wanita cenderung fokus pada jangka panjang.

By Abdul Kharis 26 April 2016 10:01
Ilustrasi wanita yang sukses berinvestasi (youtube.com)

Money.id - Pria percaya bahwa mereka lebih berkualitas untuk membuat keputusan investasi, tetapi mayoritas penelitian yang dipublikasikan menunjukkan bahwa perempuan sebenarnya investor yang lebih baik.

Mengutip dari financialplan.about.com, Senin, 25 April 2016, artikel USA Today mengatakan bahwa sebagian besar investor perempuan lebih baik daripada pria.

Selain itu, LPL Financial survei national USA menunjukkan bahwa perempuan cenderung menjadi investor yang lebih baik karena mereka meneliti investasi secara mendalam sebelum membuat keputusan portofolio dan mereka lebih sabar. Sedangkan laki-laki lebih rentan terhadap impuls pasar.

Direktur dan strategi investasi di Blackrock, Nelli Oster mengatakan, wanita cenderung fokus pada jangka panjang, tujuan non-moneter. Selain melihat uang sebagai sarana untuk membeli sesuatu, mereka juga menganggap uang untuk mewakili kemerdekaan dan keamanan.

Oster juga mencatat bahwa perempuan lebih mungkin meminta rujukan saat akan berinvestasi, sedangkan laki-laki lebih memilih untuk membuat keputusan sendiri tanpa mencari nasihat dari orang sekitar.

"Wanita umumnya mencari keamanan jangka panjang dan ingin melindungi apa yang mereka miliki," ucap Nelli.

Dan juga, wanita sedikit lebih sadar dalam perasaan dan ketakutan tentang apa yang terjadi ketika berivestasi, sehingga tidak cepat membuat keputusan dan merugikan di belakang.

Nah, itulah beberapa alasan wanita lebih baik saat berinventasi jika dibandingkan pria. Tetapi semua tergantung kepada pribadinya masing-masing.

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section