1. HOME
  2. FINANCE
SELEBGRAM

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Endorsment

Bisnis endorsement menjadi bisnis sampingan yang begitu menggiurkan.

By Adhi 10 November 2015 19:00
Tyas Mirasih, salah satu artis yang kerap di-endorse (Instagram @tyasmirasih)

Money.id - Kehadiran internet merubah peta bisnis dunia, termasuk di lini bisnis marketing dan advertising. Kegiatan berbelanja iklan kini tak berfokus pada media-media utama seperti televisi ataupun radio saja, jejaring sosial justru muncul sebagai pasar marketing yang begitu menggoda. Terlebih, biaya berbelanja iklan di platform jejaring sosial bisa dikatakan cukup terjangkau.

Sudah umum rasanya bila kita melihat seorang artis, model, atau seseorang dengan followers ratusan ribu maupun jutaan followers kebanjiran job endorse. Ya, bisnis endorsement menjadi bisnis sampingan yang begitu menggiurkan.

Prose endorsement pun cukup mudah. Penjual produk cukup memberikan barang secara gratis pada artis tersebut, lalu meminta si artis berfoto bersama barang dagangannya. Lalu mereka hanya perlu berfoto dan mengunggahnya di akun instagram, twitter, ataupun Facebook.

Nah, bagi Anda yang berminat mempromosikan barang dagangan lewat sistem endorsement, berikut 4 hal yang wajib diperhatikan seperti yang telah dirangkum laman Social Media Examiner:

Pilih artis atau non-artis

Perlu memilih, apakah Anda harus meng-endorse seorang artis dengan followers jutaan atau cukup selebgram (selebriti instagram) yang juga memiliki followers yang tak kalah jumlahnya. Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Selain itu, perhitungkan dengan teliti segmen pasar yang ingin dituju. Jika Anda menyasar kelas menengah ke atas dengan harga produk cukup premium, maka tak salah jika Anda berusaha keras mendapatkan kesepakatan endoresment dengan seorang pesohor.

Sesuaikan dengan produk

Untuk mendapatkan calon artis atau orang yang tepat untuk Anda endorse, perlu dilihat pula relevansi kehidupan atau profesinya dengan produk yang Anda jual. Sebagai contoh, jika Anda berjualan produk kecantikan, maka pilihlah artis atau selebgram yang memang sudah memiliki reputasi untuk urusan kecantikan. Sedangkan jika Anda ingin memasarkan apparel olahraga, maka carilah artis atau selebgram yang memiliki kesan sporty.

Tawar-menawar hal biasa

Umumnya, seorang artis atau selebgram telah memiliki tarif tetap untuk sebuah kesepakatan endorsement. Namun begitu, Anda tidak dilarang untuk melakukan tawar-menawar. Sebab, bisnis endrosement umumnya bersifat tidak terlalu mengikat. Akan tetapi, profesionalitas dan saling menghormati kesepakatan adalah kunci utama bisnis ini.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section