1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

3 Cara Ajarkan Anak Jadi Pemimpin Bisnis

Ada beberapa cara yang bisa Anda ajarkan kepada anak tentang kepemimpinan sejak dini seperti memberi tahu pentingnya passion dan tujuan.

By Abdul Kharis 3 Juni 2016 19:50
Ilustrasi orang tua yang mengajarkan anaknya (shopforoffers)

Money.id - Menumbuhkan semangat kewirausahaan atau bisnis kepada anak dapat dilakukan dalam banyak cara. Jiwa pemimpin harus dipupuk sejak dini, agar si anak mampu menjadi bos di perusahaannya sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa Anda ajarkan kepada anak tentang kepemimpinan sejak dini seperti memberi tahu pentingnya passion dan tujuan.

Mengutip dari wisebread.com, Jumat, 3 Juni 2016, berikut adalah tiga cara untuk ajarkan anak menjadi pemimpin.

1. Ajarkan anak tentang pentingnya passion dan tujuan

Minta anak Anda untuk menceritakan mimpi tertinggi mereka, misalnya menjadi seorang presiden. Kemudian tanyakan apa yang akan dilakukan sepanjang hidupnya untuk mewujudkan hal tersebut.

Melakukan hal ini untuk melihat passion buah hati dan mengajarkan mereka untuk menetapkan suatu tujuan. Meskipun tidak setiap passion akan menguntungkan, penting bagi sang anak untuk mengejar sesuatu yang mereka cintai sehingga mereka tidak mengalami keterpurukan di kemudian hari.

2. Menetapkan tujuan

Menetapkan tujuan adalah hal yang sangat penting di kehidupan sehari-hari. Mengajarkan penetapan tujuan sangat penting karena dapat mengembangkan disiplin serta melatih anak memiliki rasa ingin menggapai tujuan.

Tujuan yang jelas dalam bisnis harus dimiliki saat menjadi pemimpin di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, hal ini sangat dianjurkan untuk diajarkan kepada anak sejak dini.

3. Mendorong berpikir kreatif dan memecahan masalah

Ketika anak datang kepada Anda dengan keluhan atau masalah, doronglah mereka untuk berpikir bagaimana cara mengatasinya. Mungkin masalah mereka termasuk menjaga makan siang tetap hangat atau berurusan dengan anak lain yang menggoda mereka di sekolah.

Biarkan sang anak berpikir sendiri dalam menghadapi masalahnya sehingga dia akan belajar kreatif dan memecahkan masalahnya sendiri. (poy)

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section