1. HOME
    2. FASHION-BIZ
BISNIS

Dari OOTD Jadi Bisnis Endorsement yang Menguntungkan

Fenomena OOTD ini ternyata dimanfaatkan oleh beberapa online shop untuk mempromosikan produknya dengan menggunakan sistem promosi endorse.

By Dian Rosalina 12 Mei 2016 12:48
Tyas Mirasih, salah satu selebriti yang di-endorse oleh Huffey Stuff (HuffeyStuff Instagram)

Money.id - Outfit Of The Day atau biasa disebut OOTD di kalangan pengguna Instagram tidak hanya digunakan sebagai inspirasi oleh para pecinta fashion. Di balik itu semua OOTD menyimpan sebuah peluang bisnis yang besar.

Fenomena OOTD ini ternyata dimanfaatkan oleh beberapa online shop untuk mempromosikan produknya dengan menggunakan sistem promosi endorse. Mereka akan memberikan produk tertentu kepada seseorang yang memiliki banyak follower di Instagram, lalu nantinya akan di posting ke akun orang tersebut.

Semakin populernya istilah endorse, membuat beberapa selebriti dan orang-orang yang memiliki banyak follower di Instagram, atau biasa disebut Selebgram, memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Bahkan tidak sedikit online shop yang menggunakan jasa mereka.

Salah satu online shop yang menggunakan jasa endorse adalah Huffey Stuff. Online shop yang menjual berbagai macam kacamata ini, memanfaatkan para artis yang memiliki banyak followers di Instagram untuk mempromosikan produknya lewat sistem endorse.

Pemilik Huffey Stuff dan HSF Eyewear, Winda Nopitasari mengatakan, dia tidak pernah perhitungan soal biaya yang harus dikeluarkan demi promosi produk kacamatanya. Dia telah menggunakan jasa endorse sejak 2011 silam, jauh sebelum demam endorse melanda media sosial seperti sekarang.

"Awalnya saat memakai artis untuk endorse barang, saya tidak bayar mereka. Jadi mereka mau terima barang, mereka suka, lalu di-posting ke Instagram mereka," ujar Winda kepada Money.id, Kamis 12 Mei 2016.

Beberapa online shop mungkin enggan untuk meng-endorse artis yang telah memiliki 'nama' di masyarakat. Namun berbeda hal dengan wanita berusia 26 tahun tersebut, dia malah lebih memilih artis-artis ternama yang memiliki bayaran jutaan rupiah untuk jadi endorsernya.

Dia bercerita dia pernah memakai jasa selebriti seperti Donita, Ayu Ting-ting, Ayudia Bing Slamet, Olla Ramlan, Rizky Baweel, Tyas Mirasih, Jill Gladis, Nikita Mirzani dan masih banyak lagi. Rata-rata dari mereka mematok harga minimal Rp1 juta untuk sekali posting di Instagram.

"Kalau sekarang sih yang paling murah itu Donita dan Ayu Bing Slamet yang mematok harga Rp1 juta satu kali posting," kata Winda.

Ibu anak satu itu pun mengatakan tarif selebriti paling mahal yang pernah dia endorse adalah Ayu Ting-ting. Pelantun 'Sambalado' itu mematok harga sekali posting Rp8 juta, disusul Olla Ramlan Rp6,5 juta, dan Nikita Mirzani Rp5 juta.

Ketika ditanya mengapa tidak memakai jasa selebriti yang lebih besar lagi seperti Nagita Slavina, Winda menjawab belum sanggup untuk membayar jasa istri dari Raffi Ahmad tersebut.

"Duh kalau Nagita kayaknya belum deh. Kemahalan, hahaha. Seram harganya, sampai Rp50 juta untuk satu kali endorse dia soalnya. Sekarang ini aku paling mentok satu artis maksimal Rp5 juta aja deh," ujarnya.

NEXT: Sharena Delon, Ashanty, dan Ardina Rasti >>>>

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fashion-Biz Section