1. HOME
  2. INSPIRATORY
BISNIS

Mengais Rezeki, Menggantungkan Hidup di Car Free Day

Aldy dan istrinya berjuang di CFD untuk membiayai kuliah anaknya.

By Abdul Kharis 16 Mei 2016 06:31
Aldy beserta sang istri bersama barang dagangannya pada acara CFD di sekitar Bunderan Hotel Indonesia, Minggu, 15 Mei 2016 (Abdul Kharis/Money.id)

Money.id - Car Free Day atau hari bebas berkendara yang diadakan seminggu sekali di berbagai daerah di Jakarta menarik minat banyak orang untuk membuka usaha. Keuntungan yang diperoleh saat membuka usaha pada acara CFD digunakan untuk berbagai hal, termasuk membayar biaya kuliah anak.

Salah satunya Aldi Firmansyah, pedagang baju dan aksesori yang menggunakan mobilnya di CFD. Dia menjual baju meliputi celana, kemeja jeans, dan aksesori berupa batu cincin dan sabuk. Aldy dan istrinya berjuang di CFD untuk membiayai kuliah anaknya. 

"Saya berjualan sudah dua tahun saat acara CFD ini untuk membayar biaya anak saya kuliah semester 4 dan untuk membantu biaya hidup," ucap Aldi bersama istrinya kepada www.money.id di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta saat CFD, Minggu 15 mei 2016.

Keuntungan yang didapatkannya bervariasi, kadang mendapatkan lebih dan kadang hanya untuk mengganti ongkos saja.

"Omzet tak tentu, kalau laku paling banyak di CFD pernah dapat Rp1,5 juta. Tetapi, kalau lagi sepi banget bisa hanya mendapatkan Rp75 ribu hanya untuk menggantikan ongkos saja," ucap Aldy sambil menunggu pembeli yang datang di belakang mobilnya bersama barang dagangannya.

Barang-barang yang dijual oleh Aldy berada di kisaran harga Rp50 ribu- Rp400 ribu. Dan ternyata, modal yang dibutuhkan Aldy untuk berdagang di CFD tidaklah sedikit.

"Kalau untuk beli barang dagangan yang akan dijual di CFD, modal lebih dari Rp10 juta dikarenakan barang saya impor semua," ucapnya sambil melayani calon pembeli yang menanyakan harga.

Sementara itu, dia menambahkan, modal untuk ongkos berjualan di CFD sekitar Rp70 ribu sudah termasuk makan, bensin, dan biaya keamanan. Selain di CFD, pada hari-hari biasa Aldy juga  berjualan baju dan aksesori.

"Kalau tidak ada CFD, saya juga berdagang dengan "jemput bola", yaitu menghampiri calon pembeli dari rumah ke rumah ataupun kantor ke kantor. Pokoknya kalau ada keramaian saya datangi," ucapnya sambil menawarkan kepada orang yang sedang berolahraga.

Aldi mengeluhkan dagangannya yang terlihat sepi sembil berguman, mending jualan minuman botol sewaktu Car Free Day bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dan lebih mudah. (poy)

 

Baca juga

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Inspiratory Section