1. HOME
  2. DIGITAL
4G LTE

Telkomsel Perluas Layanan 4G LTE di Jabodetabek

Di frekuensi 1800 MHz sehingga cakupan wilayah layanan Telkomsel 4G LTE menjadi lebih luas.

By Adhi 21 Desember 2015 14:31
BTS Telkomsel (Dok. Telkomsel)

Money.id - Pasca penataan ulang frekuensu 1800 MHz (refarming), Telkomsel kembali memperluas layanan 4G LTE di kota sekitar Jakarta meliputi Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Layanan ini sebelumnya diluncurkan secara komersial di kota Jakarta pada Desember 2014 lalu.

Beroperasinya layanan Telkomsel 4G LTE di kawasan yang penduduknya memiliki mobilitas tinggi ini memberikan pengalaman mobile broadband untuk mendukung produktivitas penggunanya sehari-hari.

Vice President LTE Commercial Telkomsel, Lindayanti Harjono, dalam keterangan persnya mengatakan, "Perluasan cakupan 4G LTE ke kawasan yang berada di sekitar Jakarta kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi layanan data yang tinggi oleh masyarakat, terbukti dengan kenaikan penggunaan layanan data sebesar 100% di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dalam kurun waktu satu tahun terakhir."

Linda lebih lanjut menjelaskan, pasca penataan ulang 4G 1800 MHz, layanan Telkomsel 4G LTE melakukan upgrade lebar bandwidth di frekuensi 1800 MHz sehingga cakupan wilayah layanan Telkomsel 4G LTE menjadi lebih luas, dan device (perangkat) yang dapat menikmati layanan ini semakin banyak pula, sehingga pengalaman pelanggan menjadi jauh lebih baik.

Lebih dari 80% kawasan Jabodetabek telah dilayani oleh Telkomsel 4G LTE yang didukung oleh lebih dari 1500 BTS 4G yang mencakup lokasi-lokasi POI strategis seperti kawasan residensial, lokasi wisata, kampus, pusat perbelanjaan, area pelayanan publik, dan lain-lain. Adanya akses data cepat yang juga hadir dengan indoor coverage yang kuat ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan mobile broadband yang cepat dan stabil.

"Ketika menggelar layanan 4G LTE kami selalu memastikan ketersediaan jaringan yang tersebar mampu mencakup mayoritas wilayah kota tersebut atau sekitar minimal 80%, karena kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Tahun depan kami akan memperluas layanan ini ke paling tidak dua kali lipat jumlah kota yang kami gelar tahun ini," tambah Linda.

Bagi pelanggan yang ingin berlangganan layanan 4G LTE, Telkomsel memberikan kemudahan berupa penukaran simcard yang dimiliki dengan USIM secara gratis tanpa harus mengubah nomor saat ini. Kemudian pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut dengan tariff yang sama tanpa tambahan biaya untuk menikmati 4G LTE. Saat ini pelanggan di kawasan Jabodetabek sudah dapat menukarkan simcard mereka dengan USIM, ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI).

Sejak diluncurkan secara komersial pertama kali di Indonesia pada akhir tahun 2014 yang lalu, layanan Telkomsel 4G LTE terus diadopsi oleh masyarakat Indonesia di berbagai kota. Sejauh ini jumlah pelanggan Telkomsel yang telah beralih ke layanan 4G dan menggunakan uSIM (simcard 4G) berjumlah lebih dari 2 juta pelanggan, dan terus meningkat seiring dengan banyaknya permintaan penggantian uSIM, baik di berbagai customer touch point maupun ketika roadshow 4G LTE dilakukan di mal-mal.

Secara nasional Telkomsel memiliki 3000 eNodeB atau BTS 4G yang tersebar di berbagai kota. Telkomsel 4G LTE juga merupakan layanan 4G pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan International Roaming, dimana hal ini akan mendukung mobilitas pengguna layanan dari dan menuju Indonesia, karena Telkomsel telah bekerjasama dengan 37 mitra operator dari sekitar 31 negara di 5 benua untuk International Roaming 4G LTE.

Lokasi-lokasi POI di Jabodetabek:
Jakarta: Tomang, Grogol, Pal Merah Barat, Mangga Besar, Salemba, Menteng, Kalibata, Kalibata, Mampang prapatan, Pancoran, Kebayoran, Sudirman, Cipete, Gandaria, TB Simatupang, Dewi sartika, Pondok Indah, SCBD, Pasar Minggu, Pulomas, Jatinegara, Mangga Dua, Kelapa Gading, Sunter dan lainnya.

Bogor: Puncak, Cimanggis, Cisarua, Cileungsi, Taman Wisata, Jasmine Garden, Bojong Depok Baru, Rancamaya, Bogor City Central, Menteng Bogor dan lainnya.

Depok: Pondok Cina Depok, Permata Depok, Cinere Country, Margo City, Andara, Taman Duta, Krukut Raya, Depok Indah, Kampus Universitas Indonesia Depok dan lainnya.

Tangerang: Pamulang, Serpong indah, Bintaro Jaya, Pondok Kranji, Ciledug Raya, Bandara Soekarno Hatta, Ciputat Baru, Lippo Karawaci, Alam Sutera, Rempoa dan lainnya.

Bekasi: Taman Galaxy, Pondok Cipta, Jati Waringin, Cikarang, Bintara Raya, Jati Warna, Pekayon, Harapan Indah, DeltaMas, Duta Indah, Jati Bening, Cikunir, Harapan Jaya, Duta Kranji dan lainnya.


Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section