1. HOME
  2. DIGITAL
PESTA DISKON

Persiapan Lazada Sambut Harbolnas 2015

Diperkirakan lonjakan trafik pengunjung situs Lazada Indonesia mencapai 5-10 kali lipat.

By Adhi 8 Desember 2015 14:00
Gudang Lazada Indonesia (Dok. Lazada Indonesia)

Money.id - Pada tanggal 10-12 Desember 2015 mendatang, lebih dari 140 e-commerce di Indonesia secara serentak akan menggelar program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015. Pada program ini akan digelontorkan begitu banyak promo dan potongan harga kepada para konsumen.

Guna menyambut momen tahunan tersebut, Lazada Indonesia telah mempersiapkan lebih dari 8.000 penjual yang tergabung di platform marketplace sejak enam bulan yang lalu. Persiapan ini salah satunya dilaksanakan dengan menyelenggarakan serangkaian workshop untuk mengedukasi para seller mengenai program Hari Belanja Online Nasional.

Dalam keterangan persnya, pihak Lazada Indonesia mengungkapkan beberapa hal yang harus menjadi persiapan para seller dalam menghadapi Hari Belanja Online Nasional:

1. Ketersediaan tenaga kerja: para seller diharapkan untuk mempersiapkan tenaga kerja tambahan untuk memastikan proses 2. pemenuhan order dapat terus berjalan secara efisien
3. Pengemasan dan alat tulis: item yang terlihat sederhana, namun apabila tidak diperhatikan akan memperlambat proses pemenuhan order. Perlengkapan untuk melakukan pengemasan atau packing produk juga sudah harus dipersiapkan dengan baik
4. Ketersediaan stok dan harga: untuk memastikan penjualan yang maksimal, seller harus memperbarui informasi mengenai stok dan harga khusus selama promo melalui platform Seller Center (sistem yang dimiliki Lazada Indonesia untuk para seller memasukan informasi mengenai produk yang mereka jual).
5. Infrastruktur teknologi: seller juga harus memastikan mereka memiliki koneksi internet yang stabil, dilengkapi dengan printer yang siap sedia untuk mencetak bukti pengiriman yang akan dilampirkan pada paket yang akan dikirim.

Dengan perkiraan lonjakan jumlah kunjungan sekitar 5-10 kali lipat dibanding jumlah kunjungan rata-rata harian, tim teknologi di Lazada Indonesia juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan baik website maupun aplikasi mobile dapat diakses dengan lancar oleh konsumen. Hal ini juga didukung oleh dua data center yang dimiliki Lazada Indonesia yang terletak di Jakarta dan Makassar.

Lebih dari 1.000 orang tim operasional yang bekerja di pusat distribusi Lazada Indonesia yang terletak di Cakung (Jakarta Timur) dan Surabaya akan bekerja selama 24 jam dengan tiga shift kerja. Secara total, akan ada 70 station di warehouse yang akan mempersiapkan Lazada Indonesia juga bekerja sama dengan tiga mitra kerja sama logistik baru, yang menghasilkan total sebanyak 20 mitra kerja sama logistik untuk memastikan proses pengiriman produk lebih efektif.

Untuk membantu para seller marketplace, Lazada Indonesia juga sudah mempersiapkan tim khusus yang akan mendatangi rumah atau kantor para seller untuk membantu melakukan pengepakan langsung di tempat.

Suka Artikel Ini? Klik Like

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section