1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Lebih 'Sayang' Photos, Google Pensiunkan Picasa

Setelah 5 tahun tidak mendapatkan pembaharuan, akhirnya Google memesiunkan picasa.

By Nur Chandra Laksana 15 Februari 2016 18:05
Picasa Logo (picasa.google.com)

Money.id - Selama perjalanan karirnya, Google telah banyak membuat aplikasi hebat. Berbagai macam aplikasi yang memiliki fungsi serupa namun dengan tampilan yang berbeda memang sering dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Tidak terkecuali Picasa dan Photos, kedua aplikasi ini memang memungkinkan penggunanya untuk mengorganisasi foto. Namun, seiring banyaknya orang beralih ke sistem operasi Android membuat Google lebih ‘sayang’ terhadap Photos dibandingkan dengan Picasa.

Buktinya adalah, sudah sekitar 5 tahun ke belakang Google tidak memberikan pembaharuan kepada salah satu aplikasi milik mereka. Setelah melalui perdebatan yang panjang, akhirnya Google memilih untuk mempensiunkan picasa pada 15 Maret mendatang.

Alasan Google mempensiunkan picasa adalah mereka tidak ingin memecah fokus antara mengembangkan aplikasi desktop dan aplikasi Android. Memang, picasa adalah sebuah aplikasi yang berbasis desktop.

“Kami percaya bahwa kami bisa membuat pengalaman yang lebih baik dengan memfoluskan layanan kami ke satu bidang saja yang memiliki banyak fungsionalitas dan dapat bekerja di desktop dan mobile, dibandingkan kami memisahkan usaha kami di dua produk berbeda,” sebut perwakilan Google.

Namun, bagi anda pengguna picasa tidak usah khawatir kehilangan semua koleksi anda. Google akan menyediakan sebuah laman khusus yang ditujuan untuk para penggunanya mengakses foto mereka yang berada di akun picasa mereka pada Mei mendatang, yang akan diintegrasikan dengan aplikasi Photos.

Terakhir, pihak Google juga tidak lupa untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan tersbut. Namun, mereka meyakinkan bahwa Photos akan menjadi sebuah aplikasi yang sempurna untuk dipakai di desktop maupun di mobile.


Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section