1. HOME
  2. DIGITAL
DIGITAL

Intip Modus 'Pengeran Nigeria' dan 'Astronaut' Menipu Via e-Mail

Scam yang memiliki pola seperti scam 'Pangeran Nigeria' kembali marak terjadi.

By Nur Chandra Laksana 15 Februari 2016 14:07
scam (bbc.org)

Money.id - Di zaman yang serba digital ini, penggunaan surat elektronik (surel alias email) semakin sering digunakan. Baik untuk mengirim tulisan hingga mengirim gambar atau dokumen dengan kapasitas yang lumayan besar.

Namun, dari semua keunggulan yang dimiliki, ternyata surel juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah orang dengan mudah mengirimkan virus untuk komputer kita hingga bahaya ancaman scam, yang berarti penipuan.

Memang berbagai macam scam mungkin pernah anda dapatkan. Namun, diantara jutaan scam yang masuk ke surel, ada satu scam yang benar-benar terkenal di dunia, yakni sebuah scam yang mengatasnamakan ‘Pangeran Nigeria’.

Modus scam ini termasuk yang paling menarik diantara scam lainnya. Dengan mengiming-imingkan uang pajak dari negaranya, pengirim scam itu meminta uang untuk membantu menyelesaikan utang sang ‘Pangeran Nigeria’ terseut.

Namun, disinilah titik dimana orang akan tertipu dan mengirimkan uang kepada sang pelaku. Setelah beberapa saat berlalu, dan mereka tidak mendapatkan uang mereka, barulah mereka sadar bahwa mereka telah tertipu.

Namun, kini ada sebuah scam baru yang mungkin bisa membuat anda tertawa saat membacanya. Dilansir dari laman Anorak, mereka mendapatkan sebuah scam di dalam surel mereka. Namun lucunya, sang penipu ini nampaknya tergila-gila dengan film The Martian.

Isi dari surel tersebut adalah penipu ini berpura-pura menjadi astronaut dan mengatakan dia sudah terperangkap di luar angkasa semenjak tahun 1990. Lalu, seperti jebakan yang ada di scam ‘Pangeran Nigeria’, mereka meminta sejumlah uang untuk membuat pesawat untuk menjeput mereka dan akan mengembalikan uang anda berlipat-lipat ganda.

Lain kali, jika anda mendapatkan sebuah surel yang memliki isi seperti ini, mungkn anda harus berfikir berulang-ulang kali sebelum memepercayainya.


Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section