1. HOME
  2. DIGITAL
FACEBOOK

10 Fakta Mengejutkan Bos Tajir Facebook

Saat ini Mark Zuckerberg diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai US$12,4 miliar.

By Adhi 7 Oktober 2015 09:08
CEO Facebook, Mark Zuckerberg (businessinsider.com)

Money.id - Anda punya akun Facebook? Sebagian besar dari kita pastinya punya. Tahu siapa pendiri sekaligus CEO Facebook? Mungkin ada yang tahu, dan ada pula yang tidak.

Ya, Mark Zuckerberg adalah pendiri sekaligus CEO Facebook. Zuckerberg merupakan miliarder muda yang menurut majalah Bloomberg merupakan orang paling kaya nomor 9 di dunia.

Zuckerberg dilaporkan memiliki pendapatan kotor sebesar US$10,5 miliar sepanjang 2013. Saat ini ia diperkirakan memiliki kekayaan bersih senilai US$12,4 miliar.

Namun, di balik seluruh kekayaan, kesuksesan dan ketenarannya itu, Zuckerberg dikenal sebagai seorang yang lebih memilih untuk menjalani hidup sederhana.

Dalam berkegiatan sehari-hari, Zuckerberg selalu memakai kaus abu-abu yang sama. Sejauh ini, mungkin hanya tiga kali Zuckerberg terekam kamera tampil formal mengenakan jas. 

Pertama, ketika dia diundang Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Kedua, saat dia blusukan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir 2014 lalu. Dan terakhir, ketika dia menghadiri konferensi sektor swasta yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, belum lama ini.

Ingin tahu lebih banyak terkait fakta-fakta mengejutkan bos besar Facebook ini? Simak ulasannya berikut ini:

1. Pada kartu nama Mark Zuckerberg tertulis kalimat, "I'm CEO Bitch!" Entah apa yang dipikirkannya, namun hal itu menampilkan sisi ego Zuckerberg yang selama ini tidak diketahui banyak orang.

2. Zuckerberg selalu memakai kaus yang sama berwarna abu-abu setiap hari ketika ia bekerja. Bukan berarti ia hanya memiliki satu kaus.

Dia memiliki banyak kaus dengan warna yang sama. Ia bahkan sempat dicap sebagai pria dengan fashion terburuk oleh sejumlah majalah lifestyle asal Amerika Serikat.

3. Zuckerberg disinyalir mengidap buta warna. Dia tidak bisa melihat warna merah dan hijau dengan jelas. Warna biru adalah warna yang terlihat jelas di pengelihatannya. Hal ini mungkin dapat menjelaskan kenapa ia pakai memilih warna biru sebagai warna utama Facebook.

4. Dia seorang Vegetarian. Namun anehnya ia diketahui sebagai fans berat model bisnis McDonald dan In-N-Out Burger.

5. "The Social Network" adalah film yang berdasarkan kisah hidup Zuckerberg dalam membangun Facebook dan dirilis pada tanggal 1 Oktober 2010. Setelah menonton film itu Zuckerberg sempat berkata, "Saya hanya berharap bahwa tidak ada yang membuat film tentang saya di saat saya masih hidup."

6. Pada tahun 2011 lalu, kekayaan Zuckerberg diklaim telah melampaui Larry Page dan Sergey Brin (dua pendiri Google), dengan kekayaan mencapai US$17 miliar.

7. Zuckerberg pernah didakwa berdasarkan UU California sebagai seorang hacker yang menyusup ke dalam sistem komputasi server Universitas Harvard dan ia pun harus dikeluarkan dari kampusnya.

8. Presiden Barrack Obama saat bertemu dengan Zuckerberg di sebuah kesempatan pernah berkata, "Ini suatu kehormatan bagi saya, karena Mark mau memakai jas saat menemui saya." 

9. Facebook pernah ditawar Microsoft seharga US$15 miliar. "Kurang ajarnya," Zuckerberg justru malah menawar balik Microsoft dengan harga hanya US$240. Sungguh sebuah penghinaan.

10. Zuckerberg adalah bos besar di kantor Facebook, tapi ia memilih duduk di meja kerja yang sama dengan para karyawannya dibanding duduk di kursi dan meja kerja yang mewah.

(AM/ita)

(a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section