1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Sensasi Mencicipi Lontong Kupang Khas Sidoarjo

Meski bentuknya aneh, namun kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang khas.

By Febriyani 13 Januari 2017 15:00
Lontong kupang (negerikuindonesia.com)

Money.id - Lontong kupang adalah makanan tradisional yang terbuat dari kupang yang dimasak dengan cara khusus dan disajikan bersama lontong.

Kupang sendiri merupakan hewan laut sejenis kerang yang memiliki bentuk sangat kecil dan berwarna cokelat pucat. Kupang biasanya dapat ditemukan di pinggir pantai atau lumpur air asin.

Lontong kupang ini sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di Sidoarjo. Meski bentuknya aneh, namun kuliner yang satu ini memiliki cita rasa yang khas, yakni perpaduan rasa gurih dari kuah serta petis yang kental dan beraroma udang. Selain itu, perpaduan tekstur lontong yang padat tapi lembut memberikan sensasi tersendiri saat mencicipinya.

Dikutip dari laman negerikuindonesia.com, dalam proses pengolahannya, kupang dikupas terlebih dahulu dan dicuci hingga bersih.

Setelah itu dimasak dengan bumbu sederhana seperti bawang putih, gula jawa, garam, dan petis. Jika kupang sudah terasa empuk, kemudian disajikan bersama irisan lontong dan lentho atau parutan kelapa dan kacang tanah.

Lontong kupang biasanya dihidangkan bersama sate kerang dan es kelapa muda. Es kelapa muda ini dipercaya dapat mencegah alergi bagi mereka yang tidak cocok dengan lontong kupang.

(f/f)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section