1. HOME
  2. FRESH
KESEHATAN

Hati-hati, Penyakit Ini Mengintai Si Pecinta Gula

Asupan gula berlebih bisa membuat kondisi kesehatan Anda memburuk.

By Dian Ardiahanni 24 Oktober 2015 12:29
Ilustrasi gula pasir (Pixabay)

Money.id - Tahukah Anda, mengonsumsi gula idealnya hanya 100-200 kalori atau maksimal 12 sendok teh per harinya? Rupanya, ini telah direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Sebab asupan gula berlebihan dapat membuat Anda mengidap penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa konsekuensi kesehatan akibat terlalu banyak mengonsumsi gula, seperti diberitakan Huffingtonpost, Sabtu 24 Oktober 2015.

1. Kardiovaskuler

Penyakit ini merupakan gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Menurut studi yang diterbitkan oleh Jama Internal Medicine tahun lalu, orang yang mengonsumsi gula 25 persen atau lebih dari kalori harian, berpeluang tiga kali lebih mungkin meninggal.

2. Stroke

Lewat penelitian di Swedia yang diikuti sekitar 70 ribu partisipan selama 10 tahun, diketahui bahwa orang yang mengonsumsi dua cangkir minuman manis 20 persen lebih mudah mengidap stroke. Daripada mereka yang jarang meminum minuman manis.

3. Tekanan darah tinggi

Berdasarkan analisis dari Selandia Baru, asupan gula sekitar 6-8 poin bisa menaikkan tekanan darah. Bahkan Jurnal Open Heart menjelaskan, dibandingkan garam, ternyata gula lebih berpotensi memicu hipertensi.

4. Kolesterol dan Trigliserida

Seseorang yang mengonsumsi penganan tinggi gula atau setara 25 persen dari kalori harian, kolesterol jahat (LDL) bisa meningkat 16 poin dan trigliserida mencapai 37 poin.

5. Diabetes

Menurut Mayo Clinic Proceedings, dalam reviewnya tahun ini gula merupakan pemicu utama epidemi diabetes. Jika dikonsumsi berlebihan, gula darah dalam tubuh akan meningkat dan insulin (hormon pengatur gula darah) yang dihasilkan tidak mencukupi. (dwq)

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section