1. HOME
  2. FRESH
TRAVEL

Trik Liburan Murah, Wisata ke Bali Cuma Rp1 Jutaan

Dengan biaya relatif murah bisa mendatangi tiga tempat wisata dan menikmati keindahan bawah laut.

By Rohimat Nurbaya 23 Oktober 2015 15:00
Salah satu wisata bawah laut di Tulamben, Bali (Foto: www.water-sport-bali.com)

Money.id - Bali merupakan tujuan wisata idaman traveler. Berbagai objek wisata alam bisa dinikmati di Pulau Dewata tersebut.

Meski demikian para pelancong kerap membayangkan biaya mahal untuk menuju ke sana. Tapi, tidak usah khawatir ada trik murah melakukan perjalanan ke sana.

Ragil Wikanta, Trip Leader dari perusahaan travel Holiday Holishait bisa menyiapkan perjalanan ke Bali hanya dengan Rp1.050.000 saja. Biaya tersebut hanya untuk transportasi, penginapan serta penyewaan alat snorkeling.

"Untuk makanan biaya sendiri. Tapi biasanya disiasati dengan membawa makanan dari rumah," kata Ragil saat berbincang dengan Money.id, Jumat 23 Oktober 2015.


(Foto: DEZALB / pixabay)

Ragil mengatakan, meski Holiday Holishait hanya menanggung biaya transportasi dan penginapan saja, tetapi memiliki tempat makan murah recomended di Pulau Dewata. Semua bisa dilakukan dengan biaya minim.

"Jadi tidak perlu khawatir soal mencari tempat makan murah dan enak," terang dia.

Dengan biaya Rp1 jutaan, beberapa tempat wisata dikunjungi yakni, Pulau Menjangan, Pantai Amed dan Tulamben. Banyak keindahan alam bisa dinikmati di tiga tempat tersebut. (BACA JUGA: Begini Cara Berburu Tiket Pesawat Murah)

Pulau Menjangan merupakan surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Pulau itu terletak Taman Nasional Bali Barat, perbatasan antara Jembrana dan Buleleng. News Discovery menyebut pulau itu masuk ke dalam 10 best snorkeling spots in the World.

Menyeberang ke pulau Menjangan harus berangkat dari Dermaga Banyuwedang. Kemudian untuk menuju ke spot snorkeling butuh waktu sekitar 30 sampai 40 menit.


(Foto: asiaplacetosee.com)

Pantai Amed merupakan objek wisata paling dicari para penyelam dan pecinta snorkeling. Pantai ini terletak di ujung timur Pulau Bali, tepatnya di Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Ketika melakukan snorkeling di sana, wisatawan bisa melihat patung di bawah laut, ada dinding koral, terus ada bangkai kapal Jepang sisa jaman perang. Pantai itu berpasir hitam, airnya sangat jernih serta memiliki beraneka ragam biota laut.

Kemudian ketika diving di Tulamben wisatawan bisa melihat kapal US Liberty karam pada 1942. Kapal tersebut ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada perang dunia ke-2. Bangkai kapal berada pada kedalaman 30 meter dari permukaan laut.

"Tidak usah diragukan lagi deh keindahanya," terang Ragil.

Lama Perjalanan

Ragil menjelaskan perjalanan ke Bali dengan biaya Rp1.050.000  tidak menggunakan pesawat. Biasanya dia dan para pelancong melakukan meeting point di Stasiun Gambir, Jakarta kemudian berangkat menggunakan kereta api hingga Surabaya.

Setelah sampai di Surabaya, Ragil bersama Holiday Holishait menyiapkan minibus elf. Biasanya satu mobil itu diestimasikan mengangkut 18 orang wisatawan.

Kemudian dari Surabaya mereka pergi ke Pelabuhan Ketapang, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lantas menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Lama perjalanan diperukan untuk pulang pergi selama empat hari tiga malam.

"Biasanya kalau dari Jakarta itu berangkat Kamis siang, kemudian kembali lagi di Stasiun Gambir Senin pukul 2.00 dini hari," ucapnya.

Ketika akan melakukan trip, Ragil dan Holiday Holishait biasanya beriklan di beberapa media sosial seperti Kaskus, Twitter, Facebook, Path dan lainnya. Dia juga selalu aktif memosting di forum www.backpackerindonesia.com.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section