1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Mau Beli Rumah untuk Pertama Kalinya? Baca Dulu Panduan Pentingnya

Salah strategi atau terburu buru saat membeli rumah justru bisa merugikan.

By Dwifantya Aquina 22 Juli 2016 07:50
Ilustrasi membeli rumah (Blogspot)

Money.id - Meski kondisi pasar properti sedang suram, bukan berarti pembeli rumah pertama mudah saja mendapatkan rumah terbaik. Salah strategi atau terburu buru saat membeli rumah justru bisa merugikan. Untuk itu, cobalah persiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Untuk kamu yang baru pertama kali membeli rumah, berikut ini panduang singkat yang bisa kamu gunakan agar tidak salah memilih rumah seperti dikutip CekAja.com:

Cari tahu kelayakan kreditmu
Sebelum berburu rumah, cek dulu apakah kamu layak kredit atau tidak. Maksudnya, sejauh apa bank akan memberi persetujuan atas KPR yang kamu ajukan dan berapa nilai yang berpotensi untuk disetujui. Misalnya, jika kamu berencana membeli rumah senilai Rp 700 juta secara KPR, apakah bank akan menyetujui pinjaman sebesar 80% dari harga rumah atau lebih kecil. (Baca juga: 4 Indikator Kamu Siap Punya Anak Secara Finansial)

Minimal 3 bank pemberi KPR
Setidaknya kamu harus sudah punya tiga bank yang kamu pilih sebagai pemberi KPR. Dengan begitu, kamu akan menghemat waktu ketika rumah buruan sudah didapatkan karena pilihannya akan jatuh pada tiga bank tersebut. Pilih bank yang paling berpotensi memberikan pinjaman dan bunga KPR yang paling menarik.

Putuskan lokasi pilihan
Pertimbangkan sejumlah hal seperti akses transportasi, sekolah, rumah sakit, pasar hingga hiburan saat mencari rumah. Jangan sampai karena tertarik dengan harganya yang miring, rumah yang jauh letaknya dari tempatmu beraktivitas jadi pilihan. Pertimbangkan ongkos transportasi yang harus ditanggung di masa depan.

Lakukan survei
Bila kamu cocok dengan sebuah rumah, cobalah untuk melakukan survei secara menyeluruh. Datangi rumah sasaranmu itu sendiri. Tanpa kehadiran marketing pengembang, kamu akan lebih bebas untuk mencari tahu tentang lingkungan rumah tersebut. Kamu pun bisa bebas mewawancarai tetangga yang sudah tinggal di kawasan tersebut bertahun tahun.

Bandingkan harga
Jika mau mendapatkan rumah terbaik, butuh kesabaran yang tinggi. Jangan pernah berhenti membandingkan dan melakukan riset untuk mendapatkan rumah terbaik. Mereka yang terburu-buru saat membeli properti seringkali berakhir dengan kerugian. (Baca juga: 4 Langkah Mudah Membangun Skor Kredit)

Jangan lupakan pengeluaran lain
Punya kualifikasi KPR hingga ratusan juta rupiah bukan berarti kamu harus membeli rumah dengan harga paling mahal yang bisa dijangkau. Bisa-bisa uangmu sudah habis sebelum membayar berbagai pengeluaran lain seperti pajak, broker fee hingga biaya perawatan khusus bagi pembelian apartemen. Untuk itu, lebih bijak jika kamu bersikap konservatif dalam membeli rumah.

Baca Juga

 

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section