1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Mau Sukses Jadi Mompreneur? Tiru 6 Cara Ini

Mompreneur tetap bisa menghasilkan uang dengan bekerja dari rumah.

By Dwifantya Aquina 19 Juli 2016 12:33
Mompreneur, kerja dari rumah tanpa menghalangi tugas sebagai ibu rumah tangga (naturalchildworld.com)

Money.id - Di era teknologi seperti sekarang ini, dunia bisnis yang dulunya didominasi oleh kaum laki-laki kini sedikit demi sedikit telah tergeser dengan hadirnya wanita, terutama ibu rumah tangga yang secara aktif terjun menjadi seorang wanita pengusaha, yang lazim di sebut Mompreneur.

Berbekal kecanggihan perangkat teknologi yang dimiliki, seperti smartphone, laptop, serta koneksi internet, kaum wanita terutama ibu rumah tangga meramaikan dunia bisnis di Indonesia dengan membuka berbagai usaha atau bisnis yang rata-rata sukses mereka kendalikan dari rumah. Bahkan, ada beberapa ibu rumah tangga yang menekuni usaha rumahan sukses meraih omset yang fantastis.

Padahal tidak mudah lho menjalani profesi ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus memiliki bisnis di rumah.

Bahkan, ada ibu yang selain menjalani bisnis juga berprofesi sebagai wanita karier. Tentu Anda berpikir bagaimana membagi waktu dan dirinya untuk menangani beberapa pekerjaan sekaligus. Mungkin itulah kelebihan wanita dengan kemampuan multitasking atau bisa mengerjakan pekerjaan dalam satu waktu sekaligus. Namun, untuk menjadi seorang mompreneur yang sukses ternyata tidak mudah, ada step-step yang harus dilalui.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa menjadi referensi agar sukses menjadi mompreneur seperti dikutip dari Cermati, Selasa 19 Juli 2016.

1. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Jika Anda berpikir mudah menjalankan usaha dari rumah, itu tidaklah benar. Untuk sukses menjadi mompreneur, Anda harus mengalokasikan waktu khusus untuk mengelola bisnis Anda secara profesional alias pintar membagi waktu antara bisnis dan mengurus keluarga. Ada baiknya Anda menetapkan jam kerja khusus untuk menangani bisnis Anda dan beritahukan jam kerja tersebut kepada klien atau konsumen Anda agar tidak timbul prasangka buruk dari klien atau konsumen Anda.

Pastikan jam kerja tersebut telah Anda sesuaikan dengan aktivitas keluarga, seperti pada saat anak-anak berangkat sekolah atau pada saat anak tidur. Jika Anda hanya memiliki waktu di malam hari, komunikasikan hal tersebut, dan konsekuensinya Anda tentu harus menepatinya.

2. Membangun Komunikasi yang Baik Dengan Anggota Keluarga Lainnya

Biasanya kendala terbesar bagi mompreneur adalah tidak bisa mengatur anak-anak agar memahami kondisi ibunya yang sedang bekerja. Untuk itu, pintar-pintarlah Anda mengkomunikasikan hal tersebut kepada anak-anak, jika anak-anak masih terlalu kecil untuk memahami, siapkan alat-alat permainan menarik yang akan menemani anak pada saat Anda menyelesaikan pekerjaan.

3. Memiliki Disiplin Manajemen Keuangan yang Baik

Meskipun tadinya terlihat sepele, namun setelah usaha Anda semakin besar, Anda tentu harus memiliki manajemen keuangan yang baik. Ada baiknya Anda tidak mencampurkan dana rumah tangga dengan dana usaha agar Anda dapat memantau sejauh mana perkembangan keuangan usaha tersebut. selain itu, dalam keuangan usaha tersebut ada modal yang harus Anda putar kembali untuk menambah stok barang, jika Anda berjualan produk secara online. Karena itu penting bagi Anda untuk mengatur arus uang keluar dan masuk agar seimbang demi kelancaran usaha Anda di masa depan.

4. Pilih Usaha yang Sesuai Dengan Passion

Memulai bisnis dari rumah tidaklah mudah, kadangkala banyak godaan yang akan menghambat usaha Anda. Apalagi dalam usaha tersebut terkadang timbul permasalahan yang membuat semangat Anda menjadi drop atau putus asa. Meskipun tidak selalu benar 100%, namun memulai usaha berdasarkan hobi atau passion akan membuat Anda lebih bertahan, konsisten, dan menikmatinya. Usaha yang dimulai dari passion atau hobi Anda biasanya akan membuat Anda lebih mencintainya, jika cinta maka Anda akan berbuat apa saja untuk mempertahankannya.

5. Jagalah Selalu Semangat Kerja

Manusiawi selalu jika suatu saat Anda dihinggapi perasaan bosan dan lelah mengerjakan pekerjaan yang sama secara terus-menerus, belum lagi jika Anda harus menghadapi berbagai masalah dalam keluarga. Jika berada dalam kondisi yang demikian, ada baiknya Anda beristirahat sejenak dan fokus pada keluarga. Jika Anda memiliki asisten yang bisa mengambil alih sementara pekerjaan Anda, tentu lebih baik.

Namun jika tidak Anda bisa menutup sementara toko online atau usaha Anda sejenak untuk berlibur bersama keluarga. Tapi pastikan tidak ada hutang pekerjaan sebelum memulai liburan Anda, beri jeda closing Anda dengan hanya menangani sisa pekerjaan hingga tuntas.

6. Tetap Bagi Waktu Untuk Keluarga

Tidak mudah memang untuk menjadi mompreneur, namun bukan berarti tidak ada peluang sukses sama sekali. Solusinya, Anda harus pintar-pintar membagi waktu antara keluarga dan bisnis Anda. Selain itu, Anda harus memiliki sikap disiplin dan konsisten serta pekerja keras agar semua rencana bisnis dan hidup yang telah Anda susun berakhir dengan kesuksesan.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section