1. HOME
  2. FINANCE
BANK INDONESIA

Survei: Penjual Eceran di Indonesia Meningkat

Pertumbuhan penjualan eceran tertinggi terjadi di

By Abdul Kharis 21 Juli 2016 10:42
Bank Indonesia (flickr)

Money.id - Berdasarkan survei dua bulan lalu penjualan eceran di Indonesia tahun ini meningkat, dibandingkan tahun lalu. Hal itu terlihat dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Mei 2016 yang tumbuh 13,5 persen lebih tinggi, dibandingkan April 2016 sebesar 11,2 persen.

Mengutip dari bi.go.id, Kamis, 21 Juli 2016, secara regional, pertumbuhan penjualan eceran tertinggi terjadi di Bandung. Sedangkan pertumbuhan terendah di Banjarmasin. 

Pertumbuhan penjualan tertinggi terjadi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi yang dipengaruhi oleh penjualan produk elektronik, yaitu audio dan video.

Sementara pertumbuhan penjualan terendah ada di kelompok bahan bakar kendaraan bermotor.

Pertumbuhan positif penjualan eceran diperkirakan berlanjut pada Juni 2016. Hal tersebut tergambar dari pertumbuhan IPR Juni 2016 sebesar 13,5 persen dibandingkan tahun lalu. 

Selain penjualan tertinggi pada peralatan informasi dan komunikasi, kelompok perlengkapan rumah tangga lain seperti perabot rumah tangga, juga meningkat. 

Survei ini mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada Agustus 2016 diperkirakan melambat, seiring kembali normalnya permintaan masyarakat paska Hari Raya Idul Fitri.

Hasil lengkap survei dapat dilihat dalam Survei Penjualan Eceran klik di sini. (els)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section