1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Pertimbangan Penting Sebelum Ambil Promo Cicilan 0%

Jangan cepat tergoda, baca dulu alasan mengapa harus mengambil promo menggiurkan itu.

By Dwifantya Aquina 18 April 2016 17:43
Ilustrasi belanja dengan credit card (easiestcreditcard.net)

Money.id - Promosi harga dalam bentuk diskon atau ‘beli 1 gratis 1’ mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Namun, selain jenis promosi umum tersebut, masih banyak taktik promosi yang diberikan oleh toko untuk menarik pengunjungnya.

Kalau kamu sedang berjalan-jalan, pernahkah kamu melihat spanduk atau standing banner di depan toko tersebut yang berisi tulisan besar-besar “Cicilan 0%”? Cukup menarik perhatian dan membuat kamu ingin membeli barang yang dipromosikan, bukan?

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki kartu kredit, promo cicilan 0% merupakan salah satu fitur unggulan dari memiliki kartu kredit. Kamu bisa membayar suatu barang yang pada harga tunainya mungkin terlalu berat untuk pemasukanmu. Harga produk ini kemudian dipecah menjadi nominal tertentu, tergantung dengan lamanya cicilan tersebut.

Sebagai contoh, kamu mau membeli sejumlah perabotan rumah seharga Rp 6 juta, namun gaji kamu hanya Rp5 juta dan tidak memiliki tabungan. Nah, dengan program cicilan 0% 6 bulan, kamu bisa tetap membeli TV tersebut dengan mencicil Rp1 juta tiap bulannya selama 6 bulan.

Total pembayaran kamu di akhir bulan ke-6 juga tetap Rp6 juta, sehingga kamu tidak kena beban bunga seperti kalau kamu menggunakan jasa pembiayaan (financing) yang bunganya bisa lumayan besar.

Memang, promo ini sepintas sangat membantu agar arus kas kamu stabil setiap bulannya. Namun, tetap saja ada beberapa pertimbangan yang bisa kamu tilik dulu sebelum membayar barang impian kamu dengan promo tersebut.

1. Pertimbangkan biaya ekstra yang dibebankan toko
Sebagian toko (tidak semuanya) membebankan biaya tambahan sebanyak 2% hingga 4% dari total nilai barang untuk dijadikan transaksi cicilan. Pastikan kamu sadar akan kebijakan ini sebelum membeli barang tersebut. Jika barang yang kamu beli memang jauh lebih murah dibandingkan toko lain meskipun sudah termasuk biaya tambahan tersebut, kamu masih bisa bertransaksi dengan aman.

Baca juga: Ingin Punya Mobil Pribadi? Pertimbangkan Biaya-biaya Ekstra Berikut selain Harga Belinya!

2. Pertimbangkan untuk dibandingkan dengan toko lain
Meskipun sepintas kamu untung karena tidak perlu membayar biaya bunga, jangan sampai ternyata total biaya yang kamu bayarkan di akhir masa cicilan ternyata jauh lebih tinggi daripada membeli di toko lain.

Misalnya, Toko A menjual suatu TV dengan harga Rp 7 juta dan menawarkan promo cicilan 0%, sedangkan Toko B ternyata menjual TV dengan merk yang sama dengan harga Rp 6 juta meskipun tidak menawarkan cicilan 0%. Daripada kamu rugi 1 juta, kecuali kebutuhan kamu mendesak, tidak ada salahnya kalau kamu menabung dulu untuk membeli tunai saja smarpthone di Toko B agar lebih hemat.

3. Pertimbangkan untuk konsisten dalam membayar cicilan
Bayarlah tagihan kartu kredit kamu sesuai dengan jumlah yang ditagih. Kalau kamu melakukan pelunasan lebih cepat untuk transaksi cicilan kamu untuk alasan apapun, maka bank dapat membebankan biaya pinalti yang jumlahnya cukup besar. Besarnya bervariasi dari Rp100 ribu hingga Rp300 ribu atau bahkan lebih.

Jadi, jika kebetulan kamu punya uang lebih dan tidak ingin punya kewajiban membayar cicilan tiap bulan, sebaiknya beli barang tersebut secara tunai daripada menggunakan cicilan.

4. Pertimbangkan untuk selalu membayar tepat waktu
Agar cicilan nol persen tanpa bunga tersebut dapat kamu nikmati tanpa membayar denda, pastikan agar kamu sanggup untuk membayar cicilan bulanannya dengan tepat waktu. Sayang bukan kalau beban bunga yang tidak dibebankan di program ini malah diganti menjadi beban karena denda telat pembayaran?

Baca juga: Ingin Pesta Pernikahan Bermakna Tapi Gaji Minim? Jangan Khawatir, Simak Strateginya!

5. Pertimbangkan promo untuk konversi transaksi menjadi cicilan 0% oleh bank
Sebenarnya, kamu bisa juga membuat suatu transaksi menjadi cicilan 0% meskipun toko yang bersangkutan tidak menawarkan promo tersebut. Coba kamu tanyakan kepada bank penerbit kartu kredit kamu apakah ada ketentuan transaksi tertentu yang dapat dijadikan cicilan 0%. Sebagai contoh, mungkin transaksi dengan mata uang asing akan dapat menikmati fasilitas konversi ke cicilan 0%.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui apa saja yang perlu kamu perhatikan sebelum mengambil promo cicilan 0%, pastikan kalau kartu kredit kamu merupakan kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Penggunaan kartu kredit yang tepat dapat membuat kamu berhemat karena memaksimalkan fitur dan promo dari kartu kredit. Sebagai contoh, penyuka traveling sebaiknya memilih kartu kredit yang memiliki banyak fasilitas terkait kegiatan traveling seperti airmiles.

Jika kamu sedang mencari kartu kredit yang tepat sesuai kebutuhan kamu, maka kamu dapat memanfaatkan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section