1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Cara Ampuh Mengolah Hobi Jadi Uang

Senang menjalaninya, dapat uang tambahan pula. Siapa yang nggak mau?

By Dwifantya Aquina 16 April 2016 10:36
Ilustrasi mengelola keuangan (YouTube)

Money.id - Betapa asyiknya jika hobi yang kita gemari bisa menjadi sumber penghasilan. Tentu setiap aktivitas akan dijalani dengan semangat. Namun, banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan hobi menjadi duit. Padahal, caranya sangat mudah, lho.

Cukup sedikit trik, kesenangan yang membuat Anda semangat saat melakukannya itu bisa membuat Anda kaya. Mau tahu bagaimana caranya?

Baca dulu artikel yang dikutip dari CekAja.com ini hingga tuntas.

Jika mau jadi pegawai kantoran

Menemukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi kita adalah cara cerdas untuk menghabiskan waktu saat sedang bekerja. Misalnya, Anda punya hobi otomotif, kenapa tidak mencari pekerjan yang berkaitan dengan hobi itu, misalnya bergabung dengan staf marketing sebuah perusahaan otomotif atau menjadi teknisi pada pabrik mobil atau motor tertentu.

Jika Anda kesulitan menemukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi, kenapa tidak mengubah hobi menjadi pekerjaan.Hal ini bisa diterapkan pada semua orang. Misalnya Anda punya hobi fashion, kenapa tidak menjadi kontributor fashion pada majalah favoritmu.

Atau, jika Anda hobi ngegym, kenapa tidak menjadi seorang personal trainer atau instruktur di fitness centre di kotamu. Dengan mejnjalani pekerjaan yang sesuai dengan hobi, maka Anda bisa lebih nyaman dan produktif. Sehingga, karir yang cemerlang dan penghasilan yang tinggi akan mengikuti.

(Baca juga: Kenapa Sih Harga Smartphone Bisa Mahal?)

Jika Anda nulis blog

Di era digital seperti sekarang, blog punya kekuatan yang tidak bisa diremehkan. Melalui blog Anda bisa berbagi serba serbi terkait hobimu. Kalau Anda punya ide dan proyek tertentu terkait hobi, bisa juga diposting di blog.

Buat juga gambar atau video dan tunjukkan kreativitasmu sehingga blog tersebut go viral. Kalau blog Anda punya banyak pengunj, uang bisa mengalir dengan sendirinya lewat iklan yang dipasang di blog tersebut.

Jika Anda aktif di media sosial

Apa pun hobimu pamerkan melalui sosial media. Anda bisa lho menjadi terkenal lewat foto dan video terkait hobi yang rajin Anda unggah di sosial media. Dari sini, peluang untuk menjadi kaya bisa tercapai. Mulai dari iklan, endorse, atau siapa tahu Anda dilirik pencari talent.

Jika Anda punya jiwa seni

Anda kreatif dan suka membuat barang-barang bernilai seni seperti lukisan atau ukiran? Kenapa tidak coba menjual hasil karyamu secara online. Siapa tahu, barang yang selama ini hanya Anda nikmati sendiri menarik minat banyak orang. Tentu hobimu tersebut bisa jadi ladang uang yang menggiurkan.

(Baca juga: Bagaimana Kehidupan Istri-istri Para Miliarder di Dunia?)

Jika Anda doyan olah raga

Buat yang masih muda, hobi olahraga dan merasa punya skill tinggi kembangkan hobimu secara profesional. Caranya dengan mencari klub olahraga yang punya prospek menjanjikan. Banyak lho orang yang meraih kekayaan dari profesi sebagai atlet.

Nah jika Anda hobi sepak bola, bulu tangkis, basket atau sepak takraw sekalipun, segera cari klub dan asah kemampuanmu di sana.

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section