1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Kuasai Bahasa Asing? Ini Pekerjaan yang Tepat untuk Anda

Mereka yang punya kemampuan bahasa asing bisa memilih pekerjaan yang memberikan pendapatan yang lebih baik dan bergaji tinggi.

By Dian Rosalina 18 April 2016 08:49
Ilustrasi Pekerja (shortlister.com)

Money.id - Menguasai bahasa asing adalah syarat utama yang harus dimiliki seseorang saat melamar pekerjaan. Dengan begitu, seseorang memiliki banyak kesempatan yang lebih luas dalam dunia kerja.

Mereka yang punya kemampuan bahasa asing bisa memilih pekerjaan yang memberikan pendapatan yang lebih baik daripada jika hanya menguasai bahasanya sendiri.

Tidak hanya sebagai penerjemah, mereka yang bisa bahasa asing punya kesempatan memilih sembilan pekerjaan hebat berikut ini, yang dikutip dari Womenitely, Minggu 17 April 2016.

1. Pramugari

Tidak hanya menerima gaji tinggi, dengan menjadi pramugari maka seseorang bisa punya peluang untuk keliling dunia. Mereka yang tidak takut ketinggian dan menguasai dua atau tiga bahasa asing bisa melamar menjadi pramugari. Apalagi dunia penerbangan semakin bergairah dengan menjamurnya maskapai penerbangan murah di mana-mana.

2. Fashion buyer

Meningkatnya industri fashion di dunia membuat lahan pekerjaan terkait fashion semakin beragam. Salah satunya fashion buyer, orang yang bertanggung jawab memilih merek atau produk untuk dijual di suatu toko.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, seorang fashion buyer rata-rata berpenghasilan sekitar US$61,000 per tahun atau sekitar Rp805 juta. Jika Anda bekerja full-time, Anda mungkin juga akan mendapat cuti berbayar, dan dalam banyak kasus, paket perawatan kesehatan.

3. Penerjemah game

Ingin bekerja dari rumah? Anda bisa mendapatkan cukup banyak uang jika menjadi seorang penerjemah game. Menerjemahkan game jauh lebih menarik daripada menerjemahkan teks-teks undang-undang.

Dengan semakin banyak dan bermacamnya game yang muncul setiap hari, Anda akan selalu memiliki pekerjaan untuk diterjemahkan. Pastikan Anda menguasai bahasa asing dengan baik. Tergantung pada lokasi, perusahaan, industri, dan pengalaman, Anda bisa memperoleh penghasilan hingga US$51,000 atau Rp673 juta per tahun.

4. Fotografer

Meskipun menjadi fotografer terlihat lebih mengandalkan kemampuan dalam memotret, namun ternyata kemampuan Anda dalam berbahasa asing akan semakin dihargai mahal.

Dengan pandai berbahasa asing, maka Anda memiliki kesempatan untuk pergi ke seluruh dunia, memotret dan bekerja dengan orang asing. Anda yang memiliki hobi fotografi dapat menjadikannya sebagai sumber penghasilan dengan gaji yang tinggi.

5. Pengasuh anak-anak di kapal pesiar

Suka anak-anak? Mimpi naik kapal pesiar tetapi tidak punya uang? Anda bisa mewujudkannya dengan menjadi pengasuh anak-anak di kapal pesiar. Baik itu musiman atau full-time, Anda akan mendapatkan uang, bersantai, bersenang-senang dengan anak-anak dari beragam budaya, bertemu orang baru dan meningkatkan keterampilan berbicara bahasa asing Anda.

6. Wartawan asing

Saat ini, pekerjaan sebagai wartawan asing sangat banyak dibutuhkan. Jika Anda adalah seorang jurnalis yang pandai berbahasa asing, maka Anda dapat menjadi wartawan asing. Meski pekerjaan ini penuh risiko, namun profesi wartawan asing sangat menarik bagi mereka yang masih lajang.

Gaji rata-rata wartawan asing bisa mencapai US$65,000 atau Rp857 juta per tahun, meski ada juga yang memperoleh US$100,000 per tahun atau setara Rp1,3 miliar.

7. Analis

Bagi Anda yang menguasai bidang analis, maka bank internasional adalah tempat bekerja yang sangat cocok bagi analis yang pandai berbahasa asing. Semakin banyak bahasa yang Anda kuasai, semakin banyak kesempatan yang bisa Anda dapatkan untuk bekerja di salah satu bank internasional di seluruh dunia.

Sebagai informasi, gaji rata-rata seorang analis adalah US$100,000 sampai US$130,000 per tahunnya atau Rp1 miliar ke atas tergantung pada lokasi dan perusahaannya.

8. Brand specialist

Bila Anda menguasai bahasa asing, Anda bisa bekerja sebagai brand specialist di salah satu perusahaan besar, termasuk Google. Gaji tinggi seorang brand specialist tidak diragukan lagi.

Namun, itu harus diimbangi dengan kemampuan berbahasa asing yang baik juga. Beberapa melaporkan bahwa brand specialist memperoleh penghasilan hingga US$100,000 per tahun.

9. Pencari bakat internasional

Tergantung di mana Anda bekerja, penghasilan Anda bisa berkisar antara US$50,000 sampai US$95,000 atau sekitar Rp600 jutaan hingga miliaran rupiah.

Selain harus menguasai bahasa asing, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan tahu bagaimana bertindak dalam situasi yang tak terduga.

Anda juga harus bersedia melakukan perjalanan bisnis ke seluruh dunia. Jadi, meskipun Anda tidak ingin bekerja di luar negeri, menguasai setidaknya satu bahasa asing bisa membantu meningkatkan karier Anda saat ini. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section