1. HOME
  2. DIGITAL
LOWONGAN KERJA

Ini Alasan Generasi Millenial Doyan Pindah Kerja

Untuk menanggulangi hal tersebut, Jobstreet.com merilis fitur anyar 'Company Review'.

By Adhi 24 Mei 2016 10:07
Ilustrasi (shortlister.com)

Money.id - Berdasarkan riset yang dilakukan oleh JobStreet.com terhadap lebih dari 10.000 pencari kerja di Indonesia. Sebanyak 3.500 responden menyatakan bahwa generasi Y (generasi yang lahir di era 80-an ke atas), atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'generasi millenial', akan berpindah kerja setelah 12 bulan dengan alasan tidak merasa bahagia, perkembangan karir yang lebih pesat, dan tunjangan gaji yang lebih besar.

Pemicu dari alasan-alasan tersebut adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat, lingkungan yang kurang sesuai, atau hubungan yang tidak harmonis dengan atasan.

"Jika dicermati, mudahnya generasi Y memutuskan pindah kerja pada dasarnya disebabkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang mereka alami di perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini bisa jadi disebabkan mereka menerima informasi yang tidak sahih mengenai perusahaan saat mereka melamar," ujar Faridah Lim, Country Manager JobStreet.com Indonesia dalam keterangan resminya yang diterima Senin 23 Mei 2016.

Untuk menanggulangi hal tersebut, situs penyedia informasi lowongan pekerjaan di Asia yang sudah memasuki usia ke-10 itu pun merilis fitur anyar, yakni 'Company Reviews'.

Fitur ini bertujuan memberikan informasi kepada pencari kerja mengenai latar belakang sebuah perusahaan secara transparan. Fitur anyar ini diklaim mudah digunakan para pekerja untuk memberikan ulasan mengenai perusahaan dan lingkungan kerja mereka.

Ulasan yang dimasukkan para pekerja di dalam perusahaan itu nantinya bakalan tersedia secara terbuka bagi semua pengguna. Ulasan itu dapat dimanfaatkan sebagai acuan bagi para pencari kerja untuk mengetahui latar belakang sebuah perusahaan dalam proses melamar pekerjaan.

Jake Andrew, Chief Product Officer of SEEK Asia (induk perusahaan JobStreet.com) menyatakan bahwa kebiasaan orang sebelum mencari kerja ialah berupaya mencari tahu tentang perusahaan yang dilamarnya supaya bisa lebih mudah dalam menentukan perusahaan tujuannya.

"Terkadang mereka mendapat informasi yang kurang tepat karena informasi diberikan oleh orang yang belum pernah bersinggungan dengan perusahaan yang dilamarnya, fitur baru ini akan memberikan informasi lebih baik," kata Jake.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section