1. HOME
  2. DIGITAL
CYBERCRIME

Tips Mengenali Penipuan Melalui SMS dan Telepon

Bahayanya, banyak jenis penipuan melalui SMS maupun telepon yang terasa sangat meyakinkan.

By Adhi 24 Mei 2016 06:06
Ilustrasi (geekwise.com)

Money.id - Semakin canggih teknologi, semakin canggih pula modus penipuan dan variasinya. Salah satu modus penipuan yang paling marak terjadi adalah melalui layanan SMS atau telepon.

Bahayanya, banyak jenis penipuan melalui SMS maupun telepon yang terasa sangat meyakinkan. Padahal, jelas-jelas itu adalah usaha penipuan yang masuk ke dalam tindak kriminal.

Namun tenang saja, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara ampuh untuk mengatasi penipuan melalui SMS ataupun telepon.

Hal utama yang harus kita pelajari adalah karakteristik penipuan SMS ataupun telepon yang patut dicurigai:

1. Hadiah dari Undian yang Tidak Pernah Diikuti

Jika Anda tidak pernah mengikuti undian ataupun kegiatan lainnya yang memungkinkan mendapatkan hadiah, wajar untuk merasa curiga jika ada seseorang yang mengirimkan SMS atau menghubungi untuk menginformasikan bahwa Anda memenangkan hadiah atau undian tertentu.

2. SMS atau Telepon yang Berasal dari Nomor Umum

Kita juga bisa mendeteksi penipu melalui nomor telepon yang menghubungi atau mengirimkan SMS. Bila nomor tersebut merupakan nomor umum seperti kebanyakan nomor telepon seluler pada umumnya (contoh: 0812348xxxx), maka sudah dapat dipastikan itu penipuan.

Nomor pengirim dari penyelenggara undian resmi biasanya tidak lebih dari 4 digit seperti:4444, 2525, 1234. Bahkan untuk instansi yang lebih resmi biasanya menggunakan identitas di dalam pesannya seperti: Keminfo RI, Indosat, Telkomsel, BNN, atau lain-lainnya sebagai pengirim.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section