1. HOME
  2. SHOW-BIZ
NADINE CHANDRAWINATA

Aksi Nadine Sebar Virus Ramah Lingkungan

"Perubahan dimulai dari yang paling sederhana seperti membiasakan diri atau menumbuhkan inisiatif. Contohnya mengurangi penggunaan..."

By Putri Nabilla 26 November 2015 14:19
Nadine Chandrawinata (Agus Apriyanto/Kapanlagi).

Money.id - Nadine Chandrawinata dikenal sebagai salah satu publik figur yang gemar berpetualang menjelajah alam, hingga berbagai pelosok Indonesia. Mantan Puteri Indonesia itu kini dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup.

Perannya sebagai aktivis sudah pasti mengajak masyarakat luas, khususnya generasi muda untuk menyelamatkan lingkungan. Kini Nadine sedang gencar-gencarnya berkampanye 'Sea Soldier'

(Instagram)

"Sebagian besar laut kita tercemar (plastik) dampak dari daratan, dan masyarakat perkotaan sebenarnya sangat bisa membantu gerakan ini," kata Nadine di Jakarta, Rabu malam 25 November 2015.

Dia menjelaskan, Sea Solider merupakan sebuah aksi peduli lingkungan yang berkomitmen dan berani menyebarkan virus ramah lingkungan bukan hanya di laut, tetapi masyarakat kota juga ambil bagian melakukan perubahan.

"Perubahan besar tidak akan tercapai tanpa perubahan kecil. Perubahan dimulai dari yang paling sederhana seperti membiasakan diri atau menumbuhkan inisiatif. Contohnya mengurangi penggunaan plastik, hemat listrik dan air, bilang tidak untuk makan sirip hiu, atau menjadi "smart" traveler dan bertanggung jawab," tulis Nadine dalam akun Instagramnya.

Bukti partisipasi
Mereka yang berkomitmen menjadi penyelamat lingkungan, akan diberikan gelang tetapi bertuliskan 'Sea Soldier' dan di setiap gelang terdapat nomor seri. Nadine yang ditunjuk sebagai pelopor, memiliki gelang bernomor 001.

"Nomor seri berbeda tiap gelangnya dan kita punya data orang yang memilikinya. Masing-masing orang tersebut harus bertanggung jawab dengan apa yang mereka perbuat dan janji mereka untuk alam," jelas wanita berusia 31 tahun itu.

Lalu bagaimana cara mendapatkan gelangnya?

 

(Instagram)

Nadine mengatakan, dia dan tim Sea Soldier akan memantau melalui sosial media, aksi lingkungan apa saja yang sudah dilakukan.

Dengan memposting foto selfie beserta tulisan janji pada diri sendiri yang terkait penyelamatan ekosistem di media sosial, kemudian diberikan tagar (tanda pagar) #SeaSoldier.

Bila orang tersebut telah dirasa cukup berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan, barulah ia akan menjual gelang kepada orang tersebut.

"Aku optimis gerakan ini dapat mengubah atau setidaknya membantu keberlangsungan ekosistem di masa depan," kata Duta Ekowisata Wakatobi itu berharap. (poy)

 

 

(sm/pn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Show-Biz Section