1. HOME
    2. OTOTALK
MOTOR KAWASAKI

Kawasaki, Pembuat Kapal yang Menjelma Jadi Produsen Sepeda Motor

Pada 1949 Kawasaki memutuskan untuk memasuki industri sepeda motor.

By Rohimat Nurbaya 21 April 2016 19:01
Kawasaki H2R

Money.id - Kawasaki merupakan salah satu produsen sepeda motor terbesar di dunia. Saat ini, Kawasaki identik dengan motor sport dengan kapasitas mesin besar, saat ini yang sedang tenar adalah Kawasaki Ninja Z1000 dan Kawasaki Ninja H2.

Sedangkan di Indonesia sendiri motor Kawasaki paling laris adalah, Kawasaki Ninja 150R dan Kawasaki Ninja 150RR keduanya masih menggunakan mesin 2-tak. Kemudian untuk mesin 4-tak paling terkenal adalah Kawasaki Ninja 250 R dan Kawasaki KLX dengan kapasitas mesin 150cc dan 250cc.

Bahkan di Indonesia, untuk jenis Kawasaki KLX 250cc digunakan aparat kepolisian sebagai kendaraan operasional dan kendaraan serbu saat terjadi kerusuhan. Biasanya motor itu digunakan satuan Polisi Shabhara dan Brigade Mobil (Brimob).

Di negeri asalnya, Jepang, Kawasaki sudah ada sejak 1878. Awalnya dikenal sebagai perusahaan pembuatan kapal, lokomotif kereta api, pesawat dan misil. Perusahaan itu didirikan oleh pria bernama Shozo Kawasaki.

Saat perang dunia kedua, Kawasaki memproduksi kapal selam dan supertanker. Kemudian setelah perang dunia kedua usai dan sudah tidak ada peperangan produksi kapal yang dilakukan Kawasaki berkurang.

Setelah perang dunia kedua, Kawasaki lebih terkenal sebagai perusahaan pembuatan baja dengan nama Kawasaki Steel Corporation. Kemudian pada 1949 memutuskan untuk memasuki industri sepeda motor.

Kawasaki membuat motor 60cc 2-tak, 150cc 2-tak dan 250cc 4-tak. Saat itu mesin sepeda motor buatan Kawasaki mengadopsi teknologi BMW Jerman. Kawasaki dan BMW sebelumnya memang pernah bekerjasama di industri pembuatan pesawat terbang.

Kawasaki juga diketahui pernah memproduksi sepeda motor jenis skuter. Namun, saat itu mereka tidak mampu bersaing dengan pendahulunya yang sudah lebih dulu besar, yakni Fuji Rabbit dan Mitshubishi Silver Pigeon.


Next>> Kawasaki melebur dengan Meguro

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section