1. HOME
  2. NEWS

Kenali 4 Tanda Saat Jantung Tidak Bekerja dengan Baik

Jika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik, maka seluruh organ tubuh akan bermasalah.

By Ismoko 28 Februari 2020 16:03
Foto: Shutterstock

Kesehatan jantung memang sangat vital. Ada masalah sedikit saja, kita harus segera berkonsultasi dengan dokter. Jangan sampai menunggu terlalu lama karena akan fatal akibatnya.

Bisa saja terjadi strok atau serangan jantung dan masalah kesehatan lainnya. Jantung merupakan organ vital tubuh yang berfungsi untuk mengalirkan semua darah serta menyaring darah yang kotor.

Jika jantung tidak bisa berfungsi dengan baik, maka seluruh organ tubuh akan bermasalah. Komplikasi bisa terjadi, bahkan kematian mendadak.

Nah, gaya hidup saat ini cenderung sangat tidak sehat. Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahaya ketika jantung tidak bekerja dengan baik. Apa saja?

 

 

 

Nyeri Dada

 

Munculnya Rasa Nyeri di Dada
Rasa nyeri di dada disertai dengan rasa berat saat bernapas sering keliru dipahami sebagai sakit maag. Rasa nyeri ini disertai pula dengan kesulitan bernapas, jantung berdebar, pusing, keringat, dan mual.

 Muncul Nyeri Dada, Kapan Harus ke Dokter?

Muncul Nyeri Dada, Kapan Harus ke Dokter? © © MEN

Tarikan di Otot Dada
Munculnya rasa tarikan di dada merupakan tanda bahwa ada hal yang tak benar pada jantung. Hal ini juga bisa terjadi karena aliran darah di jantung tidak berjalan dengan baik.

 

 

 

Sulit Tidur

 

Munculnya Sesak Napas
Munculnya sesak napas merupakan suatu hal yang menjadi pertanda bahwa ada yang tak beres pada jantung. Hal ini terutama ketika rasa sesak napas ini muncul setelah melakukan aktivitas ringan.

 Masalah tidur Insomnia

Masalah tidur Insomnia © 2019 https://www.dream.co.id

Terjadinya Gangguan Tidur
Terjadinya gangguan tidur bisa jadi tanda bahaya adanya masalah jantung yang mengintai. Hal ini terutama ketika mudah merasa lelah, berkeringat, dan mual.

Laporan Rizky Wahyu Permana/ Sumber: Merdeka.com

 

 

Serangan Jantung Dini Hari Paling Mematikan, Simak Penjelasannya

 

Dream - Meninggalnya Ashraf Sinclair secara tiba-tiba karena serangan jantung, mengagetkan banyak orang. Apalagi aktor tampan ini dikenal sebagai pria yang menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

Suami Bunga Citra Lestari ini diketahui meninggal pukul 04.51 WIB, 18 Februari 2020. Dikutip dari KlikDokter, menurut dr. Alvin Nur Salim, Sp.PD serangan jantung pada dasarnya bisa terjadi kapan saja, namun waktu dini hingga pagi hari adalah yang paling berisiko.

“ Ada dugaan bahwa serangan jantung disebabkan karena irama sirkadian tubuh yang memicu tekanan darah tinggi, serta adanya pelepasan protein tertentu di pagi hari,” jelasnya.

 

 

 

Perubahan Protein dan Stres

 

Alvin menjelaskan bahwa di dalam tubuh manusia punya protein dalam darah yang kadarnya akan berubah sewaktu pagi. Nah, perubahan kadar protein ini dapat menyebabkan irama jantung di pagi hari jadi berubah cepat. Tak bisa dipungkiri, bahwa hal-hal tersebut dapat memicu serangan jantung pada beberapa orang.

" Stres bisa terjadi karena memikirkan aktivitas atau pekerjaan yang akan dilakukan hari itu. Stres ini meningkatkan senyawa epinefrin, efeknya detak jantung jadi lebih cepat, serangan jantung yang fatal pun bisa terjadi,” ungkap dr. Alvin.

 

 

Sumbatan Aliran Darah

 

Serangan jantung sebetulnya dapat disebabkan oleh banyak hal, untuk mengetahui pastinya, harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Menurut pendapat dr. Alvin, penyebab paling umum dari serangan jantung adalah aterosklerosis, yakni adanya plak lemak yang menyumbat aliran darah ke jantung.

Ketika ada sumbatan pada pembuluh darah, jaringan di jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Kurangnya aliran darah tersebut nantinya akan menyebabkan kerusakan jaringan dan akhirnya terjadi gangguan fungsi atau serangan jantung.

 

https://www.dream.co.id/fresh/kenali-4-tanda-saat-jantung-tidak-bekerja-dengan-baik-200227k.html

(i)

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section