1. HOME
    2. NEWS
INDUSTRI

Indonesia Naik Status Jadi Negara Maju Versi Amerika

Selain Indonesia, Amerika Serikat mencoret empat negara lain dari daftar negara berkembang.

By Ismoko 26 Februari 2020 15:17
Foto: Shutterstock

Money.id - Amerika Serikat mengeluarkan Indonesia dari daftar negara berkembang. Tak sendirian, Negeri Paman Sam juga mencoret India, Brazil, Afrika Selatan, dan Tiongkok daftar tersebut.

Negara Adidaya itu menganggap Indonesia sudah layak menyandang predikat maju diukur dari perdagangan internasional.

Mengutip laman The Star, Senin 24 Februari 2020, keputusan pencoretan Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya itu dikeluarkan United State Trade Representative (USTR), bukan dari World Trade Organization.

Dengan kebijakan tersebut, negeri Donald Trump ini akan leluuas menyelidiki apakah ada pemberian subsidi ekspor yang tidak adil di negara-negara tersebut.

Deputy Director of Chine Society untuk Kajian WTO, Xue Rongjiu, menilai langkah pemerintah Trump itu bisa merusak otoritas sistem perdagangan internasional.

“ Tindakan unilateralis dan proteksionis seperti itu telah merugikan kepentingan Tiongkok dan anggota WTO lainnya,” kata Rongjiu.

Dia mengatakan Negeri Tirai Bambu membela sistem multilateral. Hubungan perdagangan dan ekonominya dari negara maju dan berkembang membuktikan bahwa mekanisme negosiasi multilateral efektif.

“ Ini mendorong pertumbuhan ekonomi dunia,” kata dia. (Sumber: Arie Dwi Budiawati/Dream.co.id)

 

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section