1. HOME
  2. FRESH
UNIK

Mengintip Rumah Para Penghuni Gua yang Modern di Spanyol

Dikenal sebagai trogloditas atau troglodytes, orang-orang asli Guadix menjadikan gua sebagai tempat tinggal yang memiliki.....

By Abdul Kharis 27 Agustus 2016 10:17
Rumah Gua di Guardiax, Spanyol (bbc.com)

Money.id - Percaya atau tidak, penduduk kota Guadix, di pegunungan Sierra Nevada, Andalusia, Spanyol masih tinggal di dalam gua. Mereka menjadikan gua sebagai tempat tinggal sejak ratusan tahun lalu.

'Rumah' penduduk Guadix, atau yang dikenal sebagai trogloditas atau troglodytes, itu dibuat unik. Gua memiliki cerobong yang dibuat menyembul di atas permukaan tanah, serta pintunya terbuat dari batu cadas.

Mengutip dari bbc.com, Sabtu, 26 Agustus 2016, dengan sebutan Barrio de Cuevas atau Neighbourhood of Caves, penduduk asli Guadix ini telah tinggal di gua-gua selama ratusan tahun.

"Apakah Anda ingin melihat ke dalam?" teriak seorang pria tua bernama Jose kepada seorang reporter di Spanyol dari kursi rotan di terasnya. Kabarnya, para penghuni gua ini adalah orang-orang yang ramah dan hangat.

Jose menceritakan pengalamannya saat tinggal di dalam gua. "Banyak orang berpikir gua itu tempat yang basah, kotor dan gelap. Tetapi seperti yang Anda lihat, hal itu tidak terjadi di Guadix," kata Jose.

Dengan bangga, dia membawa seorang reporter keliling sekitar rumahnya yang berada di dalam gua, memamerkan berbagai ruangan dan peralatan rumah tangganya.

Terlihat dapur modern namun masih memperlihatkan nuansa pedesaan dengan paprika, bawang merah dan bawang putih menggantung di langit-langit dan dinding.

Jose kemudian menunjukkan ruang makan yang besar, di mana sebuah meja kayu panjang penuh dengan mangkuk buah kering dan sayuran.

Ruang yang paling kakek tua itu banggakan adalah kamar mandi, yang ukurannya kecil dengan shower untuk mandi di dalamnya dan tempatnya cukup nyaman.

"Saya tak bisa membayangkan menukar rumah gua ini dengan rumah normal. Masalahnya sangat panas di Spanyol saat musim kemarau, namun kami terlindung dari panas jika berada di bawah sini," ujar Jose.

Bagi José, gua berfungsi seperti AC alami saat udara di permukaan panas. Berada di bawah tanah juga melindungi mereka dari kedinginan ketika musim dingin.

José yakin gua yang ditinggali bersama keluarganya telah berusia 500 tahun. Tapi gua itu sekarang telah mendapat sentuhan modern. Dia kemudian duduk di teras yang berada di atas rumahnya. Dari sini, terlihat pemandangan kota Guadix yang terlihat seperti hamparan permukaan Planet Mars.

Guadix memiliki lebih dari 2.000 rumah bawah tanah sehingga menjadikan kota tersebut sebagai tempat dengan rumah gua terbesar di seluruh Eropa.

baca juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Fresh Section