1. HOME
  2. NEWS
KESEHATAN

Wow, Urine Sapi Ini Mengandung Emas!

Emas dari urine tersebut dapat diekstraksi dan dipadatkan menggunakan proses kimia.

By Stella Maris 24 Agustus 2016 16:43
Ilustrasi Sapi (Pixabay)

Money.id - Para ilmuwan dari Universitas Pertanian Junagadh (JAU) menemukan emas dalam urine sapi Gir. Urine itu didapatkan dari 400 sampel urine sapi Gir saat diteliti di Laboratorium Uji JAU.

"Kami telah mendengar keberadaan emas di urine sapi dalam kita-kitab kuno. Lantaran tidak ada analisis ilmiah rinci, maka kami memutuskan meneliti urine sapi dan menemukan jejak emas di dalamnya," kata Ketua Penelitian sekaligus Kepala Departemen Bioteknologi JAU, dr BA Golakia seperti dikutip laman Times of India, Rabu 24 Agustus 2016.

Ya, hasil penelitian selama empat tahun itu akhirnya diumumkan dan diketahui bahwa logam mulia itu hadir dalam bentuk ion. Golakia mengatakan, emas dari urine tersebut dapat diekstraksi dan dipadatkan menggunakan proses kimia.

"Kami menemukan 10 miligram hingga 30 miligram emas per liter urine sapi," katanya.

(Kepala Departemen Bioteknologi JAU, dr BA Golakia © 2016 money.id/Twitter @ANI_news)

Dari 5.100 sebanyak 388 senyawa yang ditemukan dalam air seni sapi Gir diprediksi dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

"Saat ini kami sedang melakukan percobaan yang memanfaatkan urine sapi Gir pada patogen manusia dan tanaman. Percobaan yang sedang dilalilan untuk menggunakannya (urine sapi Gir) sebagai treatment penyakit pada manusia dan perlindungan tanaman," ungkap Golakia.

Selain sapi, para peneliti asal India itu juga menyaring sampel urine unta, kerbau, dan domba. Namun hasilnya mereka hanya menemukan unsur anti-biotik.

 

BACA JUGA

 

(sm/sm)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section