1. HOME
  2. FINANCE
ALIBABA

Tips Sukses ala Orang Terkaya di Asia

Founder Alibaba Group, Jack Ma, ia mengawali karir sebagai seorang guru Bahasa Inggris miskin di Hangzhou, China.

By Adhi 12 November 2015 18:00
Founder sekaligus Chairman Alibaba Group, Jack Ma (forbes.com)

Money.id - Founder sekaligus Chariman Alibaba Group, Jack Ma, saat ini sukses menyandang gelar miliarder terkaya di Asia. Bayangkan saja, ia kini diperkirakan memiliki total kekayaan mencapai US$ 29,2 miliar atau setara dengan Rp406 triliun di akhir 2014 lalu.

Jack Ma tidak meraih itu semua dengan mudah. Ia mengawali karir sebagai seorang guru Bahasa Inggris miskin di Hangzhou, China. Sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis berbasis internet dengan mendirikan Alibaba pada 1999.

Mengutip laman Lifehack, Jack Ma memiliki sejumlah cara yang diyakini membuatnya sukses menjelma menjadi seseorang yang kaya raya. 

Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya:

1. Berpikir jauh ke depan

Jack Ma yakin bahwa atasan yang baik harus mampu berpikir ke depan. Dia harus selalu berada di depan para pesaingnya dan memikirkan pengaruh keputusan bisnisnya pada banyak orang.

Berpikir dapat mengembangkan kreativitas dan kemampuan pribadi dalam menjalankan posisi sebagai atasan.

2. Gigih

Selain memiliki visi yang jelas, menjadi pebisnis menurut Ma harus gigih dan tangguh. Mengetahui apa yang ingin dicapai dan mengejar kesuksesan merupakan salah satu kunci kehebatan bisnis Ma.

Ini akan menginspirasi Anda untuk bekerja keras.


3. Tak takut gagal

Ma tak pernah takut gagal. Baginya, Anda gagal jika tak mau mencoba lagi untuk bangun saat terjatuh membangun bisnis.

Bagi Ma, kunci kesuksesan adalah bertahan dan belajar dari kegagalan. Orang sukses hanyalah mereka yang mampu belajar dari seluruh kesusahan dan hambatan bisnisnya.

4. Mencintai hidup

"Saya selalu membisikkan hidup saya bahwa kita lahir bukan untuk bekerja tapi untuk menik,ati hidup," ujar Ma.

Itu yang membuatnya selalu bersemangat menjalani hidup dalam berkarir ataupun pribadi. Pernyataan tersebut tertanam dalam hati Ma dan terpancar dari gaya hidupnya.

Menurutnya, hidup berarti menikmati dunia dan membantu orang lain. Jika uang adalah tujuan Anda, maka ubah pikiran tersebut.

5. Jangan mencari musuh

Salah satu aspek paling unik dari filosofi bisnis Ma adalah gagasan menciptakan kompetisi yang ramah. Ma tidak melihat pesaing bisnisnya sebagai musuh tapi sebagai teman di mana dia bisa belajar dan menantangnya mengeluarkan potensi terbaik.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section