1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Alibaba Pecahkan Rekor di Hari Belanja Online

Angka penjualan mereka melebihi capaian tahun lalu, Rp126 triliun. Wow!

By Ita Malau 11 November 2015 16:29
Alibaba.com, situs belanja asal China (fastcompany.com)

Money.id - Perusahaan raksasa e-commerce Alibaba memecahkan rekornya sendiri dalam penjualan di event Singles Day China. Ini merupakan salah satu event belanja online terbesar di dunia.

Perusahaan asal China ini mengaku bahwa penjualan mereka melampaui rekor tahun lalu, yakni $9,3 miliar atau sekitar Rp126 triliun, demikian dikutip dari laman BBC, 11 November 2015. Rekor ini terpecahkan bahkan sebelum Singles Day berakhir.

Singles Day atau yang dikenal juga dengan sebutan Double Eleven berlangsung pada 11 November dan menjadi event tahunan terbesar di pasar ritel China.

Sebagai perbandingan, penjualan di event Cyber Monday hanya menyentuh angka $1,35 miliar atau sekitar Rp18,3 trilliun, demikian data ComScore. Cyber Monday merupakan hari belanja online terbesar di Amerika Serikat.

Alibaba mengungkap bahwa penjualan mereka sudah melebihi $1 miliar setelah Singles Day dibuka 8 menit. Di jam pertama, Alibaba membukukan penjualan sebesar $3,9 miliar.

Event ini menjadi cermin euforia dan drama liburan di China. "Saya ingin (membeli) dua coat, tapi sudah terjual habis di tiga menit sale!" demikian salah satu keluhan seorang netizen wanita.

Netizen lain menulis: "Aku menghabiskan 2.000RMB tadi malam (Rp4,2 juta). Sekarang saya bangkrut."

Namun, gairah belanja warga China itu bukan karena perekonomian mereka sedang bagus loh. Sebagian besar pembeli sadar betul, ekonomi sedang melemah.

Namun, sudah menjadi rahasia umum, orang-orang China menabung agar bisa berbelanja di event Singles Day. Memang, diskon yang ditawarkan di ajang Singles Day pun menggiurkan.

Singles Day kian tenar sejak diperkenalkan Alibaba sebagai hari berbelanja pada 2009 lalu. Alibaba mengungkap, lebih dari 40 ribu toko dan 30 ribu merek dari 25 negara berjualan di platform mereka.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section