1. HOME
  2. FINANCE

Nih Daftar Maskapai Terbaik 2016

Sementara Virgin Australia dan mitranya maskapai penerbangan Virgin Atlantic memenangkan Best Cabin Crew.

By Ita Malau 7 Desember 2015 07:07
Kru pesawat Virgin Australia (Virgin/AirlineRatings.com)

Money.id - Lembaga pemeringkat maskapai, AirlineRatings, baru-baru ini merilis daftar maskapai terbaik untuk tahun 2016. Melalui situs resminya, AirlineRatings.com, lembaga yang berbasis di Australia itu akhirnya menobatkan maskapai Air New Zealand sebagai Maskapai Terbaik 2016 dengan menyabet Airline Excellence Awards.

Maskapai terbesar di Selandia Baru itu dipuji karena inovasi dalam layanan penerbangan, keselamatan operasional, dan kepemimpinan dalam lingkungan.

Ini adalah ketiga kalinya Air NZ berturut-turut menyabet gelar prestisius tersebut, demikian dikutip dari laman CNN, awal Desember 2015. Dan tahun ini, selain Excellence Awards, Air NZ juga meraih dua gelar lainnya dalam kategori Best Premium Economy Class dan Best Economy Class.

AirlineRatings memberikan kredit atas inovasi maju Air NZ seperti program Premium Economy Spaceseat, yang merancang tempat duduk ekonomi terasa lebih lega.

Inovasi lainnya yang diberikan kepada penumpang ekonomi adalah Skycouch, di mana tiga deret kursi ekonomi dilengkapi dengan pijakan kaki yang dapat diangkat untuk menciptakan ruang yang fleksibel bagi keluarga kecil atau pasangan muda.

Maskapai lainnya yang mendapatkan penghargaan atas layanan yang melimpah kepada penumpang adalah Qantas Australia. Setelah memimpin dalam memberikan kenyamanan kepada penumpang saat menunggu pesawat dengan membangun fasilitas lounge yang dilengkapi shower beberapa dekade lalu, Qantas menyapu bersih penghargaan untuk kategori Best Lounges, Best Catering, dan Best Domestic Service.

AirlineRatings.com terkesan dengan lounge terbaru Qantas di Los Angeles dan Hong Kong. Termasuk pujian untuk akses Internet broadband di semua lounge milik maskapai Australia ini - sesuatu yang tidak banyak dilirik oleh operator lain.

Tidak hanya itu, Qantas juga menawarkan pilihan makanan dari empat menu utama dan ukuran porsinya juga telah dilipatgandakan.

Untuk kategori penerbangan mewah, AirlineRatings memilih Etihad Airways dan Singapore Airlines. Kedua maskapai tersebut dianggap mampu memberikan layanan lebih kepada penumpang kelas bisnis dan eksekutif.

Etihad yang berbasis di Abu Dhabi meraih penghargaan untuk kategori Best First Class. Sementara layanan kelas bisnis Singapore Airlines menyabet gelar Best Business Class.

Singapore Airlines juga memenangkan penghargaan untuk Best Entertainment dalam penerbangan dengan 1000 pilihan hiburan on-demand.

Sementara Virgin Australia dan mitranya maskapai penerbangan Virgin Atlantic memenangkan Best Cabin Crew untuk dua tahun berturut-turut. Dan Virgin Australia dinobatkan sebagai Best New World Carrier.

Untuk penerbangan murah dan aman tim AirlineRatings.com memberikan penghargaan untuk Low Cost Airline kepada Virgin America (Amerika), Norwegia (Eropa), Kulula.com (Afrika/Tengah-Timur) dan Scoot untuk Asia/Pasifik.

Untuk penerbangan jarak jauh terbaik (Long Houl) diraih Delta Air Lines (Amerika), Lufthansa (Eropa), Etihad (Timur Tengah/Afrika) dan Cathay Pacific Airways untuk Asia/Pasifik.

Berikut ini 10 penerbangan terbaik 2016 menurut versi AirlineRatings.com:

1. Air New Zealand

2. Qantas

3. Etihad

4. Cathay Pacific

5. Singapore Airlines

6. Emirates

7. EVA Air

8. Virgin Atlantic/Virgin Australia

9. All Nippon Airways

10. Lufthansa

(ita)

(im/im)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section