1. HOME
  2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Mitos Logo Usaha yang Membawa Peruntungan

Menurut mitos China kuno, logo harus selaras dengan elemen usaha yang dijalankan.

By Dwifantya Aquina 1 Desember 2015 10:24
Ilustrasi kompas fengshui (fengshuidana.com)

Money.id - Saat memulai usaha baru, pada bidang apapun, masalah logo untuk simbol bisnis terkadang memang gampang-gampang susah. Logo dibuat untuk memvisualisasikan jenis usaha yang dijalani dan untuk mencitrakan visi dan misi suatu usaha.

Setiap organisasi yang mapan tentu bersedia mengeluarkan biaya besar hanya untuk membangun corporate image melalui Logo. Tak sedikit perusahaan-perusahaan besar yang berani mengeluarkan anggaran yang begitu 'wah' hanya untuk membuat sebuah logo yang yang berkualitas.

Ini semua pertanda bahwa logo itu memang penting bagi image suatu perusahaan. Seperti halnya raut muka, logo pun sesungguhnya sama, bisa memperlihatkan suatu gambaran umum tentang situasi dan kondisi perusahaan yang menyandangnya.

Namun, beberapa pengusaha masih mempercayai adanya mitos China kuno yang mempertimbangan banyak hal dalam pembuatan logo usaha. Terutama terkait elemen bisnis yang dijalani si pengusaha.

Menurut ilmu Feng Shui China, pemilihan warna untuk logo usaha tidaklah dilakukan dengan sembarangan. Ada berbagai bahan pertimbangan yang kelak membuat logo usaha menjadi simbol yang penuh energi sehingga dapat memberi dampak positif bagi kemajuan usaha.

Selain untuk meningkatkan faktor keberuntungan, logo yang dibuat berdasarkan mitos China itu dipercaya dapat menjadi magnet bagi peluang dan kemakmuran usaha.

Misalnya, warna logo perusahaan teknologi Apple yang dulunya adalah rainbow, kini diganti dengan warna monochromatik (perak/hitam) yang cocok dengan jenis usaha yang jalankan menurut sifat 5 unsur alam.

Bagaimanakah memilih warna untuk pencitraan logo usaha agan menurut ilmu Feng Shui? Berikut uraian singkatnya.

Pertama, dalam memilih warna untuk logo pengusaha harus menentukan atau mengetahui jenis elemen dari usaha atau bisnis yang dijalankan. Menurut Feng Shui, ada lima elemen yang menyusun kehidupan ini, yaitu Api, Tanah, Logam, Air, dan Kayu.

Masing-masing elemen atau unsur alam tersebut dilambangkan dengan bentuk-bentuk tertentu. Elemen api dilambangkan dengan bentuk segitiga dimana sifat atau karakternya penuh energi dan gairah, tanah berlambang persegi dengan karakter lunak, logam lambangnya lingkaran dengan karakter keras dan kaku, kayu disimbolkan dengan persegi panjang yang berkarakter kreatif, dan element air simbolnya garis gelombang yang cenderung bersifat lembut.

Berdasarkan sifat dari masing-masing elemen tersebut, dapat dibuat kelompok bidang bisnis yang mendekati karakter setiap elemen. Misalnya contoh berikut yang dikutip dari situs about.com.

1. Elemen Api: creative studio, usaha restoran, usaha dagang, bisnis olahraga, dan sebagainya.
2. Elemen Tanah: usaha konstruksi, bisnis penginapan, bisnis developer perumahan/real estate, usaha bidang pertanian, dan masih banyak lagi.
3. Elemen Logam: bisnis perbankan, finansial, pemerintahan, industri bidang teknologi, arsitek, perancang, dan sebagainya.
4. Elemen Air: usaha jasa cleaning services, industri kecantikan, bisnis agen, kesehatan, dan sejenisnya.
5. Elemen Kayu: jasa keperawatan, bisnis pendidikan, bisnis floral, usaha garmen atau fashion, percetakan, bisnis traveling, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui atau memperkirakan elemen yang menjadi dasar atau unsur utama pada jenis usaha, maka langkah kedua adalah memilih warna dasar logo sesuai dengan elemen bisnis si pengusaha. Unsur kayu diwakili oleh warna hijau dan cokelat, unsur api pilihan warnanya merah, kuning pekat, pink, ungu, dan orange.

Warna yang sesuai dengan unsur tanah adalah kuning terang, warna pasir, dan cokelat terang. Unsur logam warnanya putih dan abu-abu atau perak. Sedangkan warna untuk unsur air adalah biru dan hitam.

Langkah ketiga adalah langkah opsional yang tidak terlalu wajib dilakukan pengusaha dalam memilih logo. Setelah selesai menentukan warna pokok pada logo usaha, maka tahap selanjutnya adalah memilih warna sekunder atau warna penghias atau warna tambahan yang menjadi pemanis agar logo tampak indah dan menarik.

Untuk menentukan warna sekunder ini dapat disesuaikan dengan unsur hari lahir berdasarkan perhitungan Feng Shui. Hal ini disebabkan karena ada beberapa warna yang saling mendukung dan saling bentrok bila saling dipadukan.

Suka artikel ini? Klik LIKE

Baca Juga

 

(da/da)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section