1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Kebiasaan Ini Harus Dihindari Jika Ingin Sukses Berbisnis

Berbisnis adalah hal yang gampang-gampang susah. Tapi jangan sampai Anda tidak introspeksi diri ketika sudah di pucuk kesuksesan.

By Dwifantya Aquina 29 April 2016 08:58
Ilustrasi bisnis (Pixabay)

Money.id - Keputusan untuk terjun di dunia bisnis merupakan keputusan yang besar. Selain berani menghadapi ketidakpastian, keputusan tersebut juga sama saja dengan memberanikan diri menghadapi masalah dan kekurangan-kekurangan pada diri sendiri.

Untuk itu, perbaikan diri atau introspeksi sangat dianjurkan jika ingin sukses berbisnis. Nah, berikut ini ada beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari kalau mau bisnis yang Anda bangun berhasil seperti dikutip CekAja.com.

Terlalu multitasking

Melakukan dua atau tiga hal sekaligus hanya enak untuk dibayangkan. Mungkin saat ini Anda pun menganggap cara tersebut lebih efisien. Misalnya dalam kehidupan sehari-hari Anda melakukan tiga aktivitas sekaligus seperti memasak, menonton tv, sambil menelepon.

Ketahuilah bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya secara bersamaan dan mendapatkan hasil maksimal. Begitu pula dalam bisnis, sebaiknya Anda konsentrasi pada suatu pekerjaan dan meraih hasil maksimal. Dibandingkan mengambil semuanya, tetapi kualitas yang dihasilkan mengecewakan. (Baca: Hal Sepele yang Sering Diabaikan Anda Ketika Berbisnis)

Tidak punya rencana cadangan

Kalau Anda merupakan tipe orang yang merencanakan suatu hal tanpa mempersiapkan kemungkinan terburuk dan antisipasinya. Sebaiknya tidak usah jadi pebisnis. Mengapa? Karena dalam bisnis akan banyak sekali hal-hal terjadi di luar dugaan.

Rencana matang yang sudah Anda bangun bisa tiba-tiba berubah total. Untuk itu, Anda perlu memiliki rencana cadangan atau plan b. Rencana ini bisa dipakai kapan saja, bahkan ketika baru saja terjadi hal yang tidak diinginkan. Tetapi sebaiknya, susun rencana cadangan ini jauh-jauh hari.

Tidak tahu proses

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus tekun dan tidak kenal putus asa. Pastinya merintis bisnis dari nol akan menghadapi banyak rintangan, baik yang ringan hingga berat. Oleh karena itu, hentikan pemikiran kalau Anda bisa mendapat hasil besar dalam waktu singkat.

Dalam perjalanan bisnis semuanya butuh proses. Maka dari itu, berikanlah sedikit penghargaan atas proses yang Anda lalui saat menjalani bisnis. (Baca juga: Kartu Keanggotaan Belanja, Sebaiknya Punya atau Tidak?)

Salah pilih teman

Dalam pergaulan sebaiknya tidak pilih-pilih teman berdasarkan kelas sosial, tapi yang perlu dilakukan adalah memilih teman yang baik. Sebaiknya bergaul lah dengan mereka yang bisa memberikan pengaruh baik, bukan pengaruh buruk seperti membuatmu jadi lebih boros.

Dalam bisnis juga seperti itu. Memilih mitra atau rekan bisnis merupakan hal yang krusial. Salah-salah memilih rekan bisnis, Anda justru bisa mengalami kebangkrutan nantinya.

Sulit untuk memutuskan

Kebiasaan buruk terakhir yang harus dihindari adalah kebiasaan sulit membuat keputusan. Maksudnya apa? Contohnya ketika Anda dan pasangan ingin pergi makan, ketika ditanyakan ingin makan apa dan di restoran mana Anda bingung menjawabnya.

Nah, hilangkan kebiasaan tersebut. Karena dalam bisnis sangat dibutuhkan keberanian untuk mengambil keputusan dan tindakan dalam waktu singkat. Kalau masih suka sulit memutuskan, jangan harap bisnismu bisa berhasil.

 

Baca Juga

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section