1. HOME
  2. STYLE & LOOK

Ini Dia Kacamata yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Anda

Meski banyak model kacamata, namun tidak semua orang cocok menggunakan kacamata yang mereka pakai sekarang.

By Dian Rosalina 29 Maret 2016 16:22
Ilustrasi Kacamata untuk Bentuk Wajah (www.coastal.com)

Money.id - Kacamata adalah alat bantu penglihatan bagi orang yang memiliki masalah pada penglihatannya seperti rabun jauh, rabun dekat, atau mata silinder. Namun seiring berkembangnya kebutuhan, sebagian besar masyarakat kini beralih pada lensa kontak untuk memudahkan penglihatan mereka.

Banyak yang beralasan lensa kontak lebih mudah digunakan dan tidak menggangu kegiatan sehari-hari. Namun sayangnya pemakaian lensa kontak yang terlalu lama bisa menimbulkan masalah kesehatan, khususnya pada mata misalnya iritasi pada mata, bahkan radang mata.

Kini kacamata bukan lagi sebagai alat bantu penglihatan saja. Banyak model-model baru kacamata yang diperuntukkan untuk aksesoris belaka. Tapi pada kenyataannya tidak semua orang cocok menggunakan kacamata yang mereka pakai sekarang.

Menurut pemiliki brand optik Moscot, Harvey Moscot yang dikutip dari Cosmopolitan.com, Selasa 29 Maret 2016, jangan asal membeli kacamata. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kontras, proporsi frame kacamata, warna kacamata, dan bentuk wajah Anda sendiri. Berikut ulasan kacamata yang cocok dengan bentuk wajah Anda.

Persegi

Orang yang memiliki wajah persegi cenderung memiliki pipi yang agak chubby atau tembam, hingga membuat struktur mata dan hidung terkadang terlihat masuk ke dalam. Hal tersebut membuat wajah Anda seperti kecil dan pendek.

"Kacamata dengan bentuk oval atau persegi panjang dengan ujung bulat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melembutkan siluet rahang persegi Anda dan memperpanjang wajah," kata Harley.

Panjang

Wanita atau pria yang memiliki wajah panjang dianjurkan untuk memakai kacamata dengan bentuk kotak atau dengan frame kacamata yang lebih bulat. Hal tersebut akan memberikan kesan wajah Anda agak lebar.

Frame oval atau persegi panjang akan membantu wajah Anda lebih seimbang. Cobalah cari kacamata dengan dekoratif lebih berwarna agar bisa menarik perhatian sisi wajah Anda hingga tampak lebih luas.

Bulat

"Sudut frame persegi panjang akan membantu memanjangkan wajah Anda ke bawah. Dan kacamata yang memiliki jembatan dari sisi mata yang satu dengan yang lain. Hingga menimbulkan kesan mata terlihat jauh terpisah," ujar dia.

Trapesium

Pria atau wanita yang memiliki struktur wajah yang kuat seperti ini memang agak sulit menemukan aksesoris yang pas. Jika wajah Anda lebih lebar dibagian bawah, cobalah kacamata bentuk setengah rim, atau model mata kucing dengan warna dramatis.

Hal tersebut berguna untuk membawa perhatian dan menyeimbangkan garis rahang Anda yang kuat.

Oval

"Jika Anda mempunyai tulang pipi yang luas, tapi dahi dan dagu agak sempit, carilah kacamata dengan frame yang lebih tebal serta berwarna gelap di bagian atas daripada bagian bawah wajah. Model kupu-kupu, yang memiliki sayap cukup cocok untuk Anda," kata Harley.

Baca Juga

(dr/dr)

Komentar

Recommended

What Next

More From Style & Look Section