1. HOME
  2. DIGITAL
SOSIAL MEDIA

Tidak Semua Media Sosial Berdampak Buruk, Ini Salah Satunya

Kecanduan smartphone dan media sosial membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan dan dapat merusak interaksi sosial.

By Dian Rosalina 4 November 2015 14:00
Snapchat (vox-cdn.com)

Money.id - Apakah saat Anda bangun tidur, hal pertama yang dicari adalah smartphone? Jika ya, bisa jadi itu mengindikasikan bahwa Anda sudah kecanduan alat komunikasi tersebut.

Tahukah Anda, kecanduan smartphone membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan dan dapat merusak interaksi sosial. Faktanya, memang ada beberapa aplikasi media sosial yang berefek buruk untuk Anda, namun ada juga yang bisa membuat bahagia lho!

Dikutip dari laman Shape, Rabu 4 November 2015, menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Information Communication & Society, Snapchat adalah salah satu aplikasi yang bisa membuat penggunanya bahagia. Hal tersebut terbukti dengan adanya penurunan stres pada mayoritas wanita pengguna Snapchat.

Untuk menganalisis platform media sosial yang dapat mempengaruhi suasana hati sehari-hari, tim dari Information Communication & Society melakukan survei terhadap 154 mahasiswa yang menggunakan smartphone. Peserta dianalisis dalam bentuk teks dan dilihat bagaimana interaksi positif yang dikirim secara acak sepanjang hari--dapat mempengaruhi suasana hati mereka selama dua minggu.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa ketika pengguna berinteraksi dengan Snapchat, mereka merasa bahagia dan mendorong mood menjadi lebih baik dalam 10 detik. Terlebih kebanyakan dari mereka lebih memperhatikan pesan dari Snapchat.

Faktanya, para peserta survei ternyata mengupamakan interaksi di Snapchat sama dengan interaksi langsung.

Ringkasnya, tidak semua media sosial berdampak buruk. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan Snapchat! (ita)

Suka Informasi Ini? Klik LIKE INI

(a/dr)

Komentar

Recommended

What Next

More From Digital Section