1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Catat, Ini Kelebihan Mobil Transmisi Manual dibanding Matik

Saat ini memang lebih populer mobil matik, tetapi ada penggemar setia mobil dengan transmisi manual.

By Rohimat Nurbaya 6 Maret 2016 14:11
Ilustrasi Tuas Transmisi Mobil (Toyota Astra)

Money.id - Mobil dengan transmisi matik sangat populer di masyarakat saat ini, sebab dianggap lebih praktis. Namun, dengan tren yang ada saat ini tidak begitu saja mobil transmisi manual ditinggalkan.

Pencinta mobil dengan transmisi manual memilih setia karena mobil jenis ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimilki oleh mobil matik. Berikut daftarnya.

Dikutip laman resmi Toyota Astra, Minggu 6 Maret 2016, kelebihan utama mobil dengan transmisi manual adalah memiliki akselerasi lebih baik dibanding mobil matik. Akselerasi yang baik ini karena perpindahan gigi dilakukan secara bertahap.

Kemudian, kelebihan lainya adalah mobil jenis manual jelas lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar daripada mobil matik.

Selain itu, biaya perawatan mobil manual cenderung tidak mahal, sehingga dapat lebih menekan pengeluaran untuk servis kendaraan.

Tetapi, mobil dengan transmini manual juga memiliki kekurangan. Mobil jenis ini tidak seperti matik yang hanya perlu menggunakan gas dan rem, mobil jenis manual lebih sulit digunakan dibandingkan mobil jenis matik.

Saat mengendarai mobil manual, konsentrasi pengemudi harus terpecah antara pedal gas dan rem atau juga dengan tuas transmisi. Hal tersebut tentunya juga membuat mobil manual lebih melelahkan untuk dikendarai.

Silakan pilih sesuai selera, mobil transmisi manual atau matik? (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section