1. HOME
  2. OTOTALK
TIPS MOBIL

Menimbang Durasi Mencuci Mobil Saat Musim Hujan

Tidak disarankan melakukan pencucian dengan lift hidrolis terlalu sering.

By Rohimat Nurbaya 4 Maret 2016 08:05
Ilustrasi mencuci mobil (Pixabay)

Money.id - Musim hujan telah tiba. Banyak mobil terlihat kusam karena sering melintas di jalanan berair campur lumpur. Karena kondisi itu pemilik mobil harus lebih sering mencuci tunggangan kesayangannya.

Dikuti dari laman resmi Toyota Astra, mencuci mobil memang berdampak baik pada tampilan mobil, namun jangan dilakukan terlalu sering.

Pencucian mobil menyeluruh disarankan hanya dilakukan seminggu sekali di rumah. Kemudian minimal sebulan sekali di dealer untuk perawatan lebih detail.

Untuk sehari-hari pemilik kendaraan cukup mengelap body kendaraan yang basah agar tidak lembab. Namun jangan juga membiarkan kendaraan tidak dicuci dalam jangka waktu sangat lama setelah terkena air hujan.

Air hujan dan kotoran yang menempel di rongga sasis dan komponen-komponen suspensi dapat berakibat oksidasi pada besi, yang menimbulkan karat.

Mobil ditumbuhi jamur timbul oleh butir air hujan akan terlihat kusam dan susah untuk mengembalikan cat mobil seperti semula. Pencucian menggunakan lift hidrolis dapat menjadi solusi untuk membasmi permasalahan musiman tersebut.

Namun tidak disarankan untuk melakukan pencucian dengan lift hidrolis terlalu sering karena dapat membuat komponen suspensi mobil melemah.

Pada saat pencucian dan mobil diangkat, sistem suspensi dan kemudi mobil dalam kondisi menggantung dapat mengganggu kestabilan mobil karena spooring dan balancing dapat berubah.

Mencuci mobil menggunakan lift hidrolis disarankan maksimal dua kali dalam sebulan.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Ototalk Section