1. HOME
    2. NEWS
UNIK

Bumi Hanya Sanggup Tampung 10 Miliar Manusia? Ini Alasannya

By Adhi 29 April 2016 08:02
Pemanasan Global

3. Global Warming

Saat ini rata-rata manusia di Bumi menghasilkan emisi gas karbondioksida 5 metrik ton per tahun, sementara warga Amerika mencapai 17 metrik ton per tahun! Bayangkan bila ada 3 miliar manusia lagi yang muncul dengan gaya hidup mirip warga Amerika. Emisi gas karbondioksida tentu akan meroket dan memperparah global warming.

Para ahli memperkirakan sampai tahun 2100, suhu rata-rata Bumi akan naik 2 derajat celcius. Sekarang saja serangan gelombang panas sudah seperti ini, apalagi jika suhu masih terus naik cuaca dan iklim dipastikan bertambah buruk.

4. Krisis Air

71 Persen bagian Bumi kita tertutup oleh air, total volumenya mencapai 1,386 miliar kilometer kubik. Sementara air yang bisa dipakai oleh manusia hanya 10 juta kilometer kubik saja. Air ini berasal dari sumber bawah tanah, danau, sungai, dan rawa.

Nah, dari 10 juta kilometer kubik itu, manusia hanya bisa mengakses 30 persennya, sisanya digunakan untuk keperluan pertanian. Apabila jumlah manusia bertambah hingga 10 miliar orang, tentu kita harus berpikir keras bagaimana menyuplai air atau mengubah air laut menjadi layak minum.

5. Wajib Vegeterian

Demi memenuhi pangan 10 miliar orang, banyak ahli menyarankan di masa depan manusia harus menggunakan lahan peternakan untuk lahan tanaman pangan. Artinya, secara tidak langsung manusia dipaksa untuk jadi vegetarian agar makanan cukup bagi semua orang. (poy)

Baca Juga

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From News Section