1. HOME
  2. FRESH
FRESH

7 Makanan Ini Bikin Kualitas Tidur Membaik

Ternyata makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi baik atau buruknya kualitas tidur yang didapat.

By Azalia Amadea 21 Desember 2015 15:01
Ilustrasi tidur (Foto: popsugar.com)

Money.id - Untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas tidaklah mudah, terutama bagi penderita insomnia. Insomnia merupakan kelainan dalam tidur berupa kesulitan tidur berulang-ulang kali, atau sulit mempertahankan waktu tidur yang baik.

Insomnia disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya gangguan psikologis. Bagi para penderita insomnia, sebenarnya mereka hanya menginginkan ketika meletakkan kepala di bantal, mereka dapat langsung tertidur pulas.

Mendapatkan kualitas tidur yang baik setiap hari berdampak baik bagi kesehatan tubuh dan kesehatan otak. Ternyata makanan yang dikonsumsi dapat mempengaruhi baik atau buruknya kualitas tidur.

Seperti dilansir dalam laman health.com, Senin 21 Desember 2015, menurut Russell Rosenberg, CEO dari National Sleep Foundation ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi promotor tidur yang baik.

Berikut daftar tujuh makanan yang dapat membantu mendapatkan tidur yang berkualitas semalaman.

Cheri

Foto: visitorange.com

Buah merah bulat satu ini dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas, dengan cara memakannya beberapa butir sebelum tidur.

Menurut Keri Gans, ahli gizi di New York mengatakan bahwa ceri merupakan makanan alami mengandung melatonin, senyawa kimia yang membantu mengontrol jam istirahat tubuh.

Suatu penelitian juga telah menunjukkan bahwa meminum satu gelas jus cheri setiap harinya, dapat membuat memperbaiki durasi tidur penderita insomnia kronis.

Susu

Mungkin Anda terbiasa dulu ketika masih kecil diberikan segelas susu oleh ibu setiap sebelum tidur. Ternyata hal tersebut merupakan kebiasaan yang tepat untuk membuat tidur lebih lelap.

Susu mengandung asam amino triptofan, prekursor serotonin yang dapat membuat tidur menjadi lebih mudah. Atau mungkin meminum susu hangat sebelum tidur membuat Anda merasa lebih tenang ketika tidur.

Sereal

Foto: realfoodindia.com

Makanan yang identik dimakan pada waktu sarapan ini, ternyata juga baik dimakan sebelum tidur. Karborhidrat yang terkandung dalam sereal umumnya baik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Menurut Rosenberg, memakan sereal gandum mengandung kebaikan seperti karbohidrat kompleks. Akan lebih baik lagi jika memakannya dipadu dengan susu, dijamin Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas dan kesegaran tubuh di pagi hari.

Pisang

Buah kuning satu ini mengandung magnesium dan kalium untuk otot yang dapat membantu merelaksasi tubuh secara alami. Pisang juga mengandung karbohidrat yang akan membantu Anda merasakan kantuk.

Bahkan pisang mengandung banyak unsur kebaikan yang dapat membuat tubuh lebih sehat. Menurut Rosenberg, "Kita membutuhkan kalium untuk kesehatan jantung dan fungsi kognitif."

Ayam kalkun

Foto: sheknows.com

Layaknya susu, ayam kalkun mengandung tryptophan, suatu zat yang dapat membuat kita cepat tertidur. Tetapi bagi penderita insomnia akut, memakan kalkun atau meminum segelas susu kurang berdampak bagi mereka.

"Anda harus meminum banyak susu dan memakan daging ayam kalkun, untuk mendapatkan pengaruh yang besar terhadap kualitas tidur," kata Rosenberg. 

Ubi

Ubi jalar adalah makanan yang baik untuk membuat Anda tertidur lelap bahkan hingga bermimpi indah. Ubi mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk membantu tidur, juga mengandung potasium yang dapat merelaksasi otot-otot yang tegang.

Sumber lain sejenis ubi yang baik adalah kentang. Kentang mengandung kalium, adapun lainnya adalah kacang-kacangan dan buah pepaya.

Teh valerian

Foto: herbalteasonline.com

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar tanaman valerian dapat membantu mempercepat proses tidur dan meningkatkan kualitas tidur. Tanaman valerian juga dikenal sebagai obat penenang alami.

Untuk terhindar dari kafein pada teh, sebaiknya buatlah teh secara alami dari berbagai jenis tanaman seperti daun atau akar tanaman valerian, bunga chamomile, bunga motherwort, atau daun mint. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section