1. HOME
  2. FRESH
FRESH

10 Kebiasaan yang Bikin Pede di 2016

Kebiasaan sehari-hari ini dapat mengubah hidup Anda di tahun 2016 lebih berkualitas.

By Azalia Amadea 21 Desember 2015 09:01
Ilustrasi kesuksesan (Foto: happylifestyletips.com)

Money.id - Ada banyak cara dilakukan orang agar bisa percaya diri alias pede. Mulai dari memperbaiki penampilan hingga memiliki pekerjaan yang mapan.

Namun 10 kebiasaan sehari-hari yang dilansir dalam laman inc.com Minggu, 20 Oktober 2015 berikut ini, telah terbukti mampu mendongkrak kepercayaan diri yang tahan lama yang bisa mengubah kehidupan seseorang.

1. Meditasi

Anda tengah diliputi perasaan tak yakin akan memanifestasikan diri? Biasanya Anda akan merasa canggung dan tidak bisa fokus.

Jika sudah begini, menenangkan diri adalah langkah tepat untuk mendapatkan kepercayaan diri sebenarnya. Ada satu aplikasi bernama Headspace yang akan menuntun kita melakukan meditasi. Lama meditasi bisa disetel mulai dari 5, 10, sampai 20 menit.

2. Berpikir di dalam kotak

Ada pendekatan dalam menjawab setiap masalah yang populer disebut 'berpikir di luar kota' atau berpikir kreatif. Saat melakukan ini, kita dihadapkan dengan banyak pilihan dan kebebasan untuk mencari penyelesaiannya.

Tapi terlalu banyak pilihan bisa menjadi awal kejatuhan Anda. Sebaliknya, kita kadang perlu untuk berpikir di dalam kotak. Ada kesenangan tersendiri ketika bebas berpikir di dalam kotak. Kita bisa menjalankan apa yang kita tahu dan menjadi fokus.

3. Belajar sesuatu yang baru tiap hari

Buku audio rata-rata berdurasi 10 jam. Jika Anda bepergian 60 menit sehari, Anda dapat mendengarkan sekitar 24 buku setahun. Itu kebiasaan yang bisa mengubah hidup Anda. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, kepercayaan diri Anda akan semakin meningkat.

4. Mengajar

Jika Anda seorang ahli dalam bidang Anda, berbagi pengetahuan akan menambah nilai Anda sebagai manusia. Merasa memiliki nilai akan menambah rasa percaya diri Anda.

Jika berbicara di depan umum menakutkan, pertimbangkanlah posting konten pada platform media sosial untuk profesional seperti LinkedIn atau Medium. Atau Anda dapat membuat kursus online di Teachable.com.

5. Kuasai karier Anda

Cara terbaik untuk melakukan ini adalah meluncurkan blog pribadi sendiri. Disarankan menggunakan alamat situs atau URL: nama depan, nama belakang DOT COM. Ini adalah ide sederhana.

Jika Anda mampu mengendalikan citra Anda dan membuat konten yang menginspirasi semua orang, kepercayaan diri akan mengikuti setelahnya.

6. Olahraga

Daripada buang-buang uang untuk beli pakaian mahal, lebih baik dipakai untuk melatih kebugaran di gym. Pakaian apa pun akan selalu tampak keren jika Anda mempunyai tubuh yang keren juga.

Alih-alih membeli produk kecantikan, berolahragalah. Kulit Anda akan tampak bersinar jika Anda rajin olah raga. Mayo Clinic mengatakan, "Anda mungkin akan memiliki penampilan dan bentuk tubuh yang lebih baik setelah berolahraga secara teratur, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri Anda."

7. Tidur berkualitas

Jika merasa sulit tidur, cobalah aplikasi Sleep Cycle. Tidur cukup membantu otak dan tubuh bekerja dengan baik. Harvard Mental Health Letter menyatakan: "Tahap terdalam dari tidur tenang menghasilkan perubahan fisiologis yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh."

Sleep Cycle akan membantu Anda mendapatkan tahap menyembuhkan dari tidur Anda. Tidur yang lebih baik, pikiran lebih tajam, mood yang lebih baik, dan rasa percaya diri pun akan menjadi lebih besar.

8. Terlibat dalam kegiatan sosial

Melibatkan diri dalam kegiatan sosial atau kemanusiaan akan menyembuhkan jiwa Anda sendiri atau orang lain. Saat bekerja sebagai relawan, ada rasa kepuasan tersendiri bisa menolog orang yang dalam kesusahan.

9. Bersosialisasi

Mungkin ini akan menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan oleh orang yang introvert. Bersosialisasi tidak selalu harus terjadi secara pribadi. Bergabung dengan sebuah komunitas online yang terdiri dari orang-orang dengan orientasi yang sama dapat meningkatkan harga diri Anda.

Berkontribusi di Quora atau memposting konten yang menarik untuk jaringan Anda di LinkedIn dapat menciptakan perasaan menjadi bagian dari kelompok. Demikian pula, membangun komunitas melalui akun Twitter juga dapat merangsang perasaan yang kuat ini.

10. Selalu ingin tahu

Carilah orang-orang yang lebih berpengalaman daripada Anda. Mempelajari hal-hal baru dari mereka akan menanamkan pengetahuan yang kuat. Pelajaran yang mereka berikan akan sangat berharga.

Kebanyakan cerita 'kesuksesan dalam semalam' telah mengalami cobaan dan kesengsaraan yang Anda mungkin juga alami. Mereka mampu bertahan dan mungkin dapat membantu Anda. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Fresh Section