1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Jika Belum Lakukan 5 Kebiasaan Ini, Anda Tidak Akan Pernah Kaya

Lakukan beberapa kebiasaan yang positif dan bisa mendorongmu untuk lebih cepat sukses.

By Arry Anggadha 5 Mei 2016 10:05

Money.id - Anda mau sukses dan kaya raya? Tetapi bingung bagaimana menggapai mimpi tersebut? Simpel saja kok, Anda hanya perlu mengubah kebisaan-kebiasaan buruk yang biasa dilakukan.

Setelah itu, lakukan beberapa kebiasaan yang positif dan bisa mendorongmu untuk lebih cepat sukses dan kaya raya. Nah, penasaran kenapa Anda belum juga sukses dan kaya raya sampai sekarang?

Mungkin Anda belum melakukan 5 kebiasaan berikut yang bisa bikin kaya raya seperti dilansir CekAja:

1. Investasi dari sekarang
Sebagai seorang yang ingin kaya raya, investasi merupakan hal yang harus Anda lakukan. Langkah pertama merupakan langkah yang paling sulit, tetapi apabila dilakukan maka ke depannya akan lebih mudah.

Mulai sekarang, kalau Anda menerima gaji setiap bulan coba sisihkan sedikit uang untuk investasi rutin. Misal, penghasilan Anda sebanyak Rp 10 juta per bulan. Cobalah sisihkan 20 persen atau sekitar Rp 2 juta setiap bulan untuk berinvestasi.

Pilihan instrumen investasi banyak macamnya, tetapi tak ada salahnya mencoba untuk investasi deposito dengan uang tersebut. Dengan berinvestasi harta yang Anda miliki dapat berkembang hingga berkali-kali lipat.

2. Gunakan tabungan rencana
Hari gajian merupakan hari yang paling ditunggu. Terkadang, karena terlarut dalam euforia hari gajian Anda bisa belanja gila-gilaan dan menghabiskan uang banyak.

Padahal, seharusnya Anda mengutamakan tabungan terlebih dahulu saat mendapatkan gaji tersebut. (Baca juga: Strategi Sisihkan Gaji untuk Tabungan Rencana)

Maka dari itu, sebaiknya manfaatkan fitur tabungan otomatis atau tabungan rencana agar setiap tanggal gajian uang tabunganmu dapat didebet secara otomatis. Hal ini sama saja melindungi Anda dari pemakaian uang tabungan yang sampai sekarang masih sering Anda lakukan. Ingatlah pepatah “Rajin menabung, pangkal kaya”.

3. Jangan gunakan limit maksimal pada kartu kredit
Banyak orang yang merasa bahwa semakin besar limit kartu kredit hingga angka maksimal semakin baik. Padahal sebenarnya hal tersebut kurang baik untuk keuanganmu. Karena kartu kredit dengan limit maksimal cenderung membuat nafsu untuk belanja terus menggebu.

Akhirnya, Anda menggunakan kartu kredit tersebut untuk hal-hal yang sebenarnya kurang penting. Untuk itu, gunakan kartu kredit sewajarnya dengan limit yang cenderung normal. Anda akan lebih bijak dalam belanja serta dapat mengatur keuangan dengan baik.

(Baca juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Bikin mata Minus Kembali Normal)

4. Hiduplah layaknya orang miskin
Banyak orang sukses dan kaya raya memiliki prinsip hidup yang unik. Salah satunya adalah prinsip “Hidup layaknya orang miskin”. Maksudnya, walau Anda memiliki pendapatan yang cukup besar maka Anda tidak perlu meningkatkan konsumsi yang membuat pengeluaran membengkak.

Tetaplah hidup dalam batas normal, tidak perlu mengikuti gaya hidup yang kekinian yang bisa membuat pengeluaranmu lebih besar dibandingkan pemasukan. Dengan melakukan hal ini, Anda bakal punya uang lebih banyak untuk menabung dan berinvestasi. Bahkan Anda juga bisa untuk membuka sebuah bisnis baru.

5. Memiliki tujuan yang jelas
Semua orang sukses dan kaya punya tujuan hidup yang jelas. Mulai dari tujuan-tujuan kecil hingga tujuan besar yang harus dicapai dalam hidup sudah mereka catat dengan baik. Bukan cuma itu saja, kalau Anda mau sukses juga harus memiliki rencana bagaimana untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Pastikan bahwa rencana itu memang masuk akal dan sesuai dengan kemampuan. Sehingga nantinya, tujuan yang Anda inginkan benar dapat tercapai. Utamakan untuk meraih tujuanmu terlebih dahulu dalam melakukan setiap pekerjaan.

Baca Juga

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section