1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ini 5 Cara Perkenalkan Anak Tentang Keuangan

Mendidik anak tentang keuangan dan tabungan sangatlah penting sebagai modal ke depan.

By Abdul Kharis 29 April 2016 13:46
Ilustrasi orang tua mengajarkan uang terhadap anaknya (funshineblog.com)

Money.id - Orang tua sering kebingungan saat akan mengajarkan anak tercinta tentang keuangan, padahal, mendidik anak tentang keuangan dan tabungan sangatlah penting sebagai modal ke depan. Ada cara yang dapat digunakan oleh orang tua seperti melibatkan diri dalam percakapan keuangan dengan anak-anak.

Mengutip dari huffingtonpost.com, Jumat, 29 April 2016, berikut adalah lima cara untuk memperkenalkan anak-anak tentang pengaturan keuangan dan tabungan.

1. Terlibat percakapan keuangan dengan anak-anak

Sebelum masuk ke hal spesifik sekitar uang atau tabungan, Anda hanya perlu memulai percakapan keuangan dengan buah hati. Kemudian, memperkenalkan anak tentang keuangan, dengan teori dan juga praktik.

Dengan menunjukkan anak-anak bahwa uang adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, mereka akan mulai melihat nilai dalam penganggaran dan berpikir tentang bagaimana mereka akan menggunakan uang.

2. Buat uang sebagai alat pengajaran

Banyak orangtua yang memberikan sejumlah uang untuk anak-anaknya setelah membantu melakukan pekerjaan rumah. Jangan memberikan uang secara cuma-cuma, walaupun hanya berupa uang jajan.

Buatlah sang anak melakukan sesuatu hal seperti menyapu rumah sebelum mendapatkan uang jajan. Hal ini akan melatih alam bawah sadar anak tentang perjuangan untuk mendapatkan uang.

3. Sorot pentingnya menabung

Sorotkanlah pentingnya menabung ke buah hati. Jika mereka menginginkan mainan baru, bantulah mereka dengan memberi tahu cara menabung, bukan langsung membelikannya.

4. Perkenalkan konsep investasi

Orang tua juga dapat memperkenalkan konsep investasi kepada buah hati. Hal ini adalah cara sederhana agar anak mulai memahami cara berinvestasi dan dapat memanfaatkan penghasilan saat mereka tumbuh dewasa.

5. Jadilah teladan keuangan

Pakailah pelajaran hidup orangtua untuk mengajarkan anak-anak tentang mengatur uang. Salah satu cara efektif mengajar mereka bagaimana mengelola uang adalah dengan mencontohkannya.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section